Inilah Gejala Tubuh Mengalami Dehidrasi

Inilah Gejala Tubuh Mengalami Dehidrasi
 
Sipayo.com – Dalam kondisi tubuh yang sehat, sering sekali seseorang tidak menyadari bahwa sebenarnya tubuhnya kekurangan air atau mengalami Dehidrasi. tidak jarang pula banyak orang meremehkan pentingnya air bagi tubuh.
 
Padahal, bila tubuh kurang cairang (dehidrasi) dan tidak segera diatasi, sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.
 
Pada umumnya, masyarakat masih belum begitu mengenal gejala dehidrasi. Hal ini membuat banyak orang tidak cepat mengatasinya sehingga sering sekali berdampak buruk bagi kesehatan.
 
Mengingat pentingnya air bagi tubuh, maka sebaiknya kita mengenal gejala maupun ciri-ciri bila tubuh kita mengalami dehidrasi.
 
Seorang pakar Fisiologi dari AYC Fitness, Kansas City mengatakan bahwa ada 3 gejala/ciri-ciri utama seseorang mengalamai dehidrasi dan segera membutuhkan cairan:
 
1. Sakit Kepala
Seseorang yang kehilangan banyak cairan, juga akan kehilangan kandungan garam pada tubuh seperti sodium dan potasium. Hal ini akan mengubah susunan kimia dalam darah sampai ke otak, sehingga menyebabkan sakit kepala.
 
2. Urin berwarna kuning pekat
Ketiak warna urin keluar kuning pekat maka berati urin tersebut dipenuhi dengan kotoran dan racun dalam tubuh.Salah satu fungsi cairan yang kita konsumsi adalah untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun. Ketika tubuh kekurangan cairan, racun di dalam tubuh sulit untuk keluar.
 
3. Konstipasi
Jika tubuh tak memiliki air yang cukup, metabolisme tubuh akan terganggu dan kesulitan mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Jika setiap hari Anda rutin buang air besar, lalu tiba-tiba sembelit, ini adalah salah satu tanda bahwa tubuh dehidrasi.