ITB bakal buat pesawat Amfibi canggih untuk Indonesia

ITB bakal buat pesawat Amfibi canggih untuk Indonesia

Sipayo.com – Indonesia bakal memiliki pesawat amfibi canggih yang akan dibuat oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Protipe akan diuji coba dan pada desember 2015 sudah akan siap untuk dioperasikan.

Saat ini, Ilmuwan  ITB sudah mulai mengembangkan pesawat jenis ini dan sudah dipesan oleh Badan Keamanan laut untuk patroli.

“Agustus nanti prototipenya akan diuji coba. Diharapkan Desember 2015 sudah siap,” Ucap

Sekretaris Utama Bakamla Laksamana Pertama (Maritim) Dicky R. Munaf, di Jakarta, seperti dikutip sipayo.com pada metroe, Rabu (5/8/2015).

Badan Keamanan Laut (Bakamla) kepincut dengan pesawat amfibi yang didesain oleh Profesor Mulyowidodo guru besar Teknik Mesin ITB ini. Pesawat yang memiliki dua lambung (katamaran) ini didesain bisa langsung berselancar begitu menyentuh air laut. Bakamla memesan 6 pesawat dengan seharga 45 Milyar.

Pesawat ini dapat membawa tiga awak terdiri dari navigator, dan penyidik. pesawat ini sudah lulus sejumlah sertifikasi penerbangan, bahkan sudah lolos uji balistik 125 meter.

Rangka pesawat ini dibuat dari titanium. Bodinya sebagian besar campuran karbon fiber.setiap lambung juga terdapat semacam tuas sebagai pengganti roda di pesawat. Di laut, kecepatan pesawat amfibi ini maksimal mencapai 300 hingga 400 knot.