Jangan Pakai Jaket Ketika Olahraga Lari, Berbahaya!!!

Jangan Pakai Jaket Ketika Olahraga Lari, Berbahaya!!!

Sipayo.com – Orang berlari memakai jaket merupakan esuatu emandangan yang sudah biasa kita lihat, entah itu pagi hari, siang maupun sore hari khususnya area olahraga maupun di taman kota.

Entah apa tujuan yang sebenarnya dari prilaku itu, sebagain orang mengatakan bahwa agar cepat mudah keluar keringat dan volumenya juga banyak ada juga sebagi sebuah terapi penyembuhan dll.

Apapun tujuan anda melalukan lari dengan memakai jaket, tahukah anda bila memakai jaket saat lari dapat berakibat fatal bagi tubuh ?

Seorang dokter spesialis kedokteran olahraga bernama Zaini Siregar dari Royal Sport Medicene Center jakarta mengatakan bahwa Jaket bisa membuat tubuh dehidrasi karena air keringat banyak keluar.

Dehidrasi membuat suhu tubuh akan semakin meningkat tinggi sehingga dapat menyebabkan heat stroke bila tidak segera meminum cairan.

“Ketika tubuh kekurangan cairan, darah akan menjadi kental sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu, termasuk ke jantung hingga otak” Jelas Zaini seperti dikutip sipayo.com dari kompashealth, Rabu, (5/8/2015).

Heat stroke adalah  bentuk yang paling parah dari penyakit panas dimana suhu tubuh mencapai lebih dari 40°C atau lebih.

Zaini menyarankan agar berlari menggunakan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan menyerap keringat dan minum air putih maupun minuman isotonik agar tidak terjadi dehidarasi saat berolahraga lari.