Jokowi Tidak Akan Terbitkan Perppu Pilkada Calon Tunggal

Jokowi Tidak Akan Terbitkan Perppu Pilkada Calon Tunggal
 
Sipayo.com – KPU telah memastikan ada empat daerah yang tidak akan mengikuti pilkada serentak yang akan diselenggarakan 9 Desember 2015 mendatang.
 
Keempat daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Timor Tengah Utara (NTT), Kota Mataram (NTB), Kabupaten Blitar (Jatim), dan Kabupaten Tasikmalaya (Jabar). Pilkada keempat daerah itu terpaksa ditunda hingga 2017 mendatang.
 
Walau ada 4 daerah yang tidak ikut pilkada karena hanya memeliki calon tunggal, Presiden Joko Widodo tak akan menggunakan opsi menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) untuk mengatasi hal itu.
 
Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdijatno, seperti dikutip sipayo.com pada kompas, Selasa (11/8/2015).
 
“Bumbung kosong dan perppu sampai saat ini tidak dipakai pemerintah. Presiden tidak menginginkan itu digunakan,” kata Tedjo, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/8/2015).
 
Tedjo juga mengatakan pemerintah saat ini hanya berharap pilkada serentak dapat belangsung sesuai dengan agenda yang ditetapkan dan berjalan dengan damai, tertib dan aman.