5 Kebiasaan Ini Dapat Menurunkan Kecerdasan

5 Kebiasaan Ini Dapat Menurunkan Kecerdasan
Sipayo.com – Seiring banyaknya aktvitas, maka manusia membutuhkan kecerdasan yang lebih tinggi. Namun ditengah perkembangan teknologi dijaman modern ini banyak kebiasaan yang tidak kita sangka dapat menjadi faktor yang membuat menurunnya kecerdasan yang kita miliki.
 
Ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat IQ (kecerdasan) sesorang menurun, setidaknya ada 5 yang sudah diketahui, seperti sipayo.com kutip pada tribun, rabu (26/8/2015),
 
Berikut 5 kebiasaan yang dimaksud :
 
1. Multitasking
Menurut Earl Miller, ahli syaraf di Massachusetts Institute of Technology mengatakan bahwa otak manusia dicipta untuk banyak tugas. Maka saat seorang berpikir multitasking, maka ada ‘biaya kognitif’ yang dikeluarkan.
 
Misalnya Mengecek e-mail di tengah-tengah pekerjaan bisa menurunkan IQ kita hingga sepuluh poin.
 
2. Mengonsumsi makanan tinggi lemak
Makananan banyak lemak jenuh akan menghambat fungsi dopamin otak, neurotransmitter penting yang bertanggung jawab untuk motivasi.
 
3. Terlalu banyak gula.
Studi UCLA di tahun 2012 menunjukkan bahwa terlalu banyak fruktosa – gula dapat memperlambat otak dengan mempengaruhi kemapuan insilin dalam membantu sel-sel otak mengubah gula menjadi energi untuk berpikir.
 
4. Googling
Dengan kebiaasan mencari apa saja dari mesin pencari, maka kita tidak lagi mengandalkan memori sendir. Microsoft mengatakan, rentang ingatan otak kita telah menurun, dari rata-rata 12 detik 15 tahun yang lalu, menjadi delapan detik saat ini.