Kejaksaan Agung Jadwalkan Pemeriksaan Wagubsu Hari Ini

Kejaksaan Agung Jadwalkan Pemeriksaan Wagubsu Hari Ini
Kejaksaan Agung menjadwalkan pemeriksaan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Tengku Erry Nuradi hari ini. Pemeriksaan Wagubsu dilakukan Kejagung dalam rangka menelusuri penyimpangan peruntukan bantuan sosial (bansos) Sumut.

“Pemanggilan wakil gubernur sebab dia kami anggap tahu permasalahan bansos ini. Kita minta keterangannya sebagai bagian dari proses penanganan hukum untuk mencari fakta-fakta hukum,” kata Prasetyo saat dihubungi, Selasa (4/8/2015) malam.

Menurut dia proses penyelidikan dan penyidikan harus dilakukan secara cermat. Prasetyo tak ingin perkara dugaan korupsi yang sedang ditangani ‘gugur’ dalam praperadilan.

“Jangan terulang lagi seperti putusan praperadilan DI (Dahlan Iskan). Kami harus yakin betul proses hukum dilakukan dengan baik dan benar,” imbuhnya.

Karena itu Prasetyo meminta jajarannya tetap bekerja optimal menangani perkara dugaan korupsi. “Kami tidak akan surut, tidak akan menyerah, tidak akan patah semangat, saya serukan hal ini kepada jajaran,” tutur Prasetyo.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Tony Spontana sebelumnya memastikan jadwal pemeriksaan Wagub Sumut pada Rabu (5/8/2015).

“Besok yang akan diperiksa Wagub Sumut. Tentu ada saksi lain. Tapi yang sudah disampaikan ke Puspenkum itu Wagub Sumut,” ujar Tony Spontana kepada wartawan, Selasa (4/8/2015).

Untuk kasus Bansos tersebut, Kejagung akan berfokus kepada pihak yang terlibat, hingga alokasi dana selama rentang waktu tahun 2011 hingga tahun 2013.

“(Fokus pemeriksaan) masih ke pejabat sana. Artinya bagaimana penggunaan anggaran bansos selama rentang 2011-2013. Ini untuk menentukan kerugian negaranya. Untuk menentukan modusnya, apakah dipergunakan tidak sesuai, diberikan pada yang tidak berhak, bahkan untuk dipakai sendiri bahkan fiktif. Fiktif itu telak sekali kalau terjadi gratifikasi,” papar Tony.