Kenali 5 Hal yang Menentukan Kesuksesan Anda

Kenali 5 Hal yang Menentukan Kesuksesan Anda
Sipayo.com – Saat mengikuti pendidikan formal di sekolah berbagai hal tentang kesuksesan juga sebenarnya telah diajarkan, seperti misalnya bahasa, matematika, dan kedisiplinan. Namun demikian, sekolah umumnya tak sepenuhnya memberikan materi dalam rangka menunjang kesuksesaan seseorang.
Lalu hal apa sajakah yang dapat menunjang kesuksesan seseorang dan hal tersebut tidak diajarkan di bangku sekolah? Berikut adalah merupakan daftar keterampilan yang tidak diajarkan disekolah, tetapi sangat menentukan kesuksesan Anda pada kehidupan nyata.
1. Negoisasi
Di sekolah tentu akan sangat jarang memberikan ruang bagi murid untuk mempelajari keterampilan bernegoisasi. Padahal, keterampilan ini adalah merupakan salah satu kunci kesuksesan banyak profesi, mulai dari pebisnis, diplomat, hingga pengacara.
2. Membela diri
Kejahatan dapat terjadi kapan saja, tanpa memandang waktu dan korbannya. Dalam menghadapi kemungkinan buruk ini, maka akan sangat penting bila setiap orang mempelajari kemampuan dasar membela diri. Membela diri tidak harus secara fisik, namun juga kemampuan bicara saat diremehkan orang lain. Selain meningkatkan rasa aman, kemampuan membela diri juga meningkatkan rasa percaya diri seseorang.
3. Bersosialisasi dan membangun jaringan
Jaringan atau networking bukan hanya sekedar banyak teman di Facebook atau follower di Twitter. Namun dalam kehidupan nyata, kemampuan bersosialisasi dan membangun jaringan juga sangat mendukung menunjang kesuksesan karier. Jarang sekali di sekolah memberikan pelajaran secara spesifik tentang bagaimana bersikap untuk menyenangkan orang lain, bagaimana berpenampilan profesional, hingga basa-basi demi menghilangkan kecanggungan dengan orang lain.
4. Keseimbangan
Di sekolah selalu mendorong siswanya untuk unggul secara akademik. Namun tidak mengajarkan kemampuan untuk menyeimbangkan setiap aspek kehidupan. Misalnya, waktu untuk keluarga, bekerja, dan waktu bersenang-senang bersama teman.
5. Menghadapi kenyataan pahit
Hidup memang terkadang tidak adil. Sesuatu hal bisa terjadi sesuai harapan, tetapi seriang kali pula tidak sesuai harapan. Belajar menghadapi kenyataan pahit setidaknya dapat mempersiapkan untuk menghadapi kemungkinan terburuk. Demikian berbagai hal yang dapat menentukan kesuksesan seseorang seperti yang dilansir dari Lifehack, Kamis (13/8/2015).