Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja
Sipayo.com – Sebuah studi yang dilakukan Mindlab Internasional pada tahun 2014 yang lalu menemukan bahwa mendengarkan musik  sangat bermanfaat saat bekerja. Pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan hasilnya  juga akan lebih baik.
 
Mindlab International meniliti sekelompok pekerja sebanyak 26 orang sebagai partisipan. Mereka diminta untuk  mendengarkan musik saat diminta menyelesaikan berbagai tugas, seperti mengeja, matematika, urut kata, memasukkan data, dan pemikiran abstrak.
 
Dari penelitian itu para partispan mampu mengerjakan tuga mereka secara cepat dan akurat.  88 % pekerja mengerjakan tugas dengan akurat, 81 % menyelesaikan dengan cepat.
 
Jenis musik yang didengarkan juga ternyata mempengaruhi performa kerja. Berikut jenis musik yang cocok untuk bidang pekerjaan:
 
1. Musik Klasik baik untuk pekerja yang harus bekerja fokus pada detail
2. Musik pop bagus untuk didengarkan oleh mereka yang mengerjakan pekerjaan yang dikejar tenggat waktu.
3. Musik elektronik instrumental yang menenangkan bagus untuk pekerja yang harus memecahkan persamaan matematika.
4. Musik ber-genre dance sangat baik untuk mereka yang harus bekerja melakukan pengecekan dan pemecahan masalah dengan cepat.
 
Namun perlu juga diperhatikan bahwa mendengarkan musik dengan lirik juga membuat Anda mudah terdistraksi bila Anda mencoba untuk mengerjakan pekerjaan verbal. Oleh sebab itu, pilihlah jenis musik secara cermat yang sesuai dengan pekerjaan anda.