Menteri Yasonna Laoly Mendukung Karo Festival 2015

Menteri Yasonna Laoly Mendukung Karo Festival 2015
Sipayo.com – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly turut menyatakan dukungannya atas pelaksanaan Karo Festival 2015 yang diselenggarakan oleh Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Sumut. Bentuk dukungan tersebut disampaikan oleh Yasona saat menyempatkan diri menjamu makan siang DPD HMKI SUMUT dan Panitia Karo Festival 2015 di Emerland Garden Hotel, Medan, Jumat (21/8/2015) kemarin.

Dalam jamuan makan siang yang penuh kekeluargaan tersebut Ketua Panitia Karo Festival 2015 Setia Pandia, SH didampingi Wakil Ketua Panitia Pelaksana Hendra Gunawan Tarigan, S.Si dan Sekretaris Panitia Steven A Tarigan, Amd memaparkan bagaimana Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Masyarakat Karo Indonesia akan menggelar event besar Karo Festival 2015 dan Refleksi 5 Tahun Erupsi Gunung Sinabung yang akan digelar pada 27 – 29 Agustus 2015 mendatang di Lapangan Merdeka Medan.

Disampaikan Ketua Panitia Setia Pandia, persiapan Panitia Pelaksana beserta tim Kreatif untuk menyukseskan acara Budaya Karo terbesar dan pertama di Indonesia ini sudah rampung dan tinggal menunggu Pelaksanaan Hari H.

“Diharapkan seluruh Masyarakat Sumatera Utara ikut menyemarakan dan menghadiri event Budaya yang akan menampilkan Artis Ibu Kota Syahrini, Artis Tiga Kucing (Dulu Trio Macan), Tio Fanta Pinem, Santa Hoky dan Artis Karo seperti Rita Maharani Tarigan, Luter Tarigan, Juliana Tarigan dan lainnya” papar Setia.

Ketua DPD HMKI Sumut yang ikut dalam jamuan makan siang tersebut didamping Wakil Sekretaris Andreas R Bangun, SE menegaskan Event Perdana Karo Festival 2015 yang diprakarsai DPD HMKI SUMUT ini membawa nama besar Masyarakat Karo di Seluruh Indonesia. Berdasarkan itulah HMKI Sumatera Utara mencoba menghimpun segala potensi masyarakat Karo dimana pun berada untuk bersama-sama mensukseskan acara ini.

“Termasuk Pak Menteri Laoly yang beristerikan Beru Ketaren telah kita anggap sebagai bagian kekerabatan orang Karo, sehingga kita juga berharap dukungan dari pak Menteri untuk ambil bagian mensukseskan acara ini,” ujar Andreas.

Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua DPD HMKI Sumut Ruben Tarigan, SE atas nama pengurus HMKI Sumut juga turut mengundang secara resmi Pak Laoly untuk hadir di puncak Acara Sabtu 29 Agustus 2015.

“Kita berharap kebersamaan masyarakat Karo dalam mensukseskan acara ini menjadi Momentum Kebangkitan Karo sebagai Suku bangsa yang keberadaannya di tingkat daerah sampai Nasional tetap menjadi sebuah kekuatan sekaligus melahirkan harmoni ke dalam dan keluar masyarakat Karo itu sendiri” papar Ruben yang juga Wakil Ketua DPRD Sumut tersebut.

Menanggapi apa yang disampaikan Pengurus DPD HMKI Sumut terkait undangan menghadiri sekaligus mendukung Karo Festival 2015, Menteri Yasona Laoly menyampaikan rasa hormat bagi Masyarakat Karo yang telah mengangap dirinya sebagai bagian dari masyarakat Karo.

“Memang betul Istri saya Beru Ketaren dan sudah seharusnya juga saya selaku anak beru Kalak Karo-Karo ikut ambil bagian mensukseskan Acara ini. Karena saya juga merasa Prestasi saya ini juga berkat Pasu-Pasu Kalimbubu saya jadi saya juga akan mengupayakan hadir di Acara tersebut” Ujar Menteri yang Pernah juga jadi Anggota DPRD Sumut ini.

“Sebenarnya saya ada Jadwal ke Luar Negeri sampai Sabtu 29 Agustus tersebut tetapi saya coba akan lebih cepat menyelesaikannya dan langsung Ke Medan untuk bisa hadir di Karo Festival tersebut,” ujarnya lebih lanjut.

Tak lupa pada kesempatan yang sama, Menteri juga meminta Panitia dan DPD HMKI Sumut untuk mengundang Presiden RI Joko Widodo supaya hadir di Karo Festival 2015.

“Acara ini merupakan bagian dari Program Pak Presiden Jokowi untuk menggalakan Industri Ekonomi kreatif. Secara pribadi saya siap memfasilitasi Pertemua Panitia dan DPD HMKI Sumut untuk menyampaikan undangan di sela-sela Rapat Rutin Kabinet Rabu 26 Agustus 2015 mendatang. Begitu juga dengan Pak Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo yang sudah Bermarga Ginting supaya di undang juga” ujar Yasona.

Usai acara makan siang tersebut Panitia Karo Festival 2015 dan DPD HMKI Sumut foto Bersama dengan Pak Menteri Hukum dan HAM.