Olahraga Sejak Anak-anak Kurangi Risiko Diabetes

Olahraga Sejak Anak-anak Kurangi Risiko Diabetes
Sipayo.com – Seseorang yang rajin olahraga sebelum berumur 13 tahun akan mengurangi risiko orang itu terken diabetes.Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi penelitian yang dilakukan di Inggris.
 
Para peneliti dari University od Exeter inggris menemukan bahwa aktivitas aktif fisik sejak anak-anak hingga remaja awal 13 tahun kebawah membuat insulun stabil yang menguruani risiko kena dibates tipe 2, sedangkan usia diatas 13 tahun hingga 16 tahun sudah tidak memiliki dampak.
 
“Studi kami menemukan aktifitas fisik di awal remaja mengurangi peningkatan insulin resisten, namun hanya berlaku pada anak di bawah 13 tahun. Pada remaja usia 16 tahun sudah tak berdampak,”  Jelas Brad Metcalf, seorang peneliti dan dosen senior pada University od Exeter seperti dikutip sipayo.com dari The Time of India, Jumat (7/8/2015).
 
Walau tidak berdampak, bukan berarti usia 16 tahun tidak dianjurkan berolahraga, namun usia lebih muda lebih bermanfaat  untuk kesehatan khususnya mencegah risiko diabetes.
 
Peneliti meneliti dua kelompok anak usia 13 dan 16 tahun yang rutin berolahraga. Pada anak usia 13 tahun, resitensi insulin lebih rendah 17 persen. Penurunan resistensi insulin dipengaruhi oleh produksi selama periode kritis yang berdampak pada umur berikutnya