Pt. Jetra Sembiring: Penting Kerjasama Antar Umat Beragama

Pt. Jetra Sembiring: Penting Kerjasama Antar Umat Beragama
Sipayo.com – Kerjasama antar umat beragama sangat penting guna mencegah terjadinya konflik sosial atas nama agama. Kersajasama itu hendaknya dibangun dengan dasar kejujuran.
 
Hal ini menjadi salah topik yang dibicarakan pada pertemuan antara 21 peserta pelatihan kepemimpinan Institute Leimena dengan Maarif Institute di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, kamis (13/8/2015).
 
Peserta pelatihan berasar dari berbagai daerah dan latar belakang. Salah satu peserta  dari Kabupeten karo Pt. Jetra Sembiring, mengungkapkan pentingnya kerjasama muslim-kristen dalam kehidupan.
 
“Kerjasama itu bisa terjadi dalam banyak kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti antara gereja dengan Maarif Institute. Melalui itu, dialog Muslim-Kristen tak hanya menjadi wacana namun telah menjadi praktik,” katanya. seperti dikutip sipayo.com pada rmol, Jumat (14/8/2015).
 
Sementara itu Direktur Eksekutif Maarif Institute, Fajar Riza Ul Haq mengatakan sikap keterbukaan dan kerjasama juga akna mencegak kesalahpahaman yang memunculkan perilaku ekstrem.
 
“Sikap keterbukaan dan kerjasama kelompok-kelompok moderat dari kalangan Muslim dan Kristen akan menjadi mekanisme untuk mencegah kesalahpahaman dan konflik yg dipicu perilaku ekstrem sebagian kecil kelompok agama. Kita mesti belajar dari kasus Tolikara,” Ujar Fajar.