Rizal Ramli Resmi Dilantik Sebagai Menko Kemaritiman

Rizal Ramli Resmi Dilantik Sebagai Menko Kemaritiman
Sipayo.com – Presiden Jokowi akhirnya melantik menteri-menteri baru hasil reshuffle Kabinet Kerja. 6 Menteri baru dilantik di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2015). Salah satu menteri yang dilantik adalah Rizal Ramli yang didaulat sebagai Menko Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo.

Siapakah sebenarnya sosok Rizal Ramli yang secara resmi telah dilantik sebagai Menko Kemaritiman? Pria kelahiran Padang, 10 Desember 1954 ini adalah seorang ahli ekonomi dan juga politisi Indonesia. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai  Menteri Koordinator bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan pada Kabinet Persatuan Nasional dimasa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.

Selain dikenal sebagai seorang ahli ekonomi, Rizal Ramli juga dikenal luas sebagai aktivis mahasiswa. Pada tahun 1978, sewaktu masih menjadi mahasiswa jurusan Teknik Fisika – ITB ia pernah dipenjara oleh rezim penguasa waktu itu karena kritik-kritiknya yang tajam terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggapnya telah melenceng dari cita-cita berbangsa dan bernegara.

Sebagai Seorang Ekonom Alumni Boston University ia juga memiliki jaringan pergaulan Internasional. Ia adalah salah satu ahli ekonomi Indonesia yang dipercaya menjadi penasehat ekonomi PBB bersama ekonom Internasional lainnya seperti peraih Nobel Ekonomi, Prof. Amartya Sen dari Harvard University.

Rizal juga dianggap sangat paham baik tentang ekonomi global. Posisinya sebagai Penasihat Ekonomi PBB merupakan salah satu bukti bahwa pandangan ekonominya bisa diterima masyarakat Internasional.