Sumut Peringkat Ke-3 Pengguna Narkoba di Indonesia

Sumut Peringkat Ke-3 Pengguna Narkoba di Indonesia
Sipayo.com – Provinsi sumatera utara berada diposisi ketiga sebagai daerah terbanyak penyalaguna narkoba seluruh Indonesia, sebagaimana diungkapkan dari data penelitian BNN dengan universitas Indonesia.
 
Peringkat ditentukan berdasarkan prevelensi, yakni pesrsentase jumlah pengguna dengan jumlah penduduk provinsi berumur 10-59 Tahun.
 
Dari data hasil penelitian yang dilakukan 2014 lalu, Provinsi SUmatera Utara memiliki 300.134 Jiwa yang menjadi penyalaguna narkoba. Arinya ada sekita 3,06 % penduduk sumuatera utara yang berumur 10-59 tahun sudah kena narkoba.
 
Peringkat pertama diduduki oleh Jakarta denagn jumlah pengguna narkoba sebanyak 264.174 Jiwa dengan persentase 4,74. Diperingkat kedua berada Kalimantan timur dengan jumlah pengguna 56.195 jiwa dengan persentase 3,07.
 
Dari segi jumlah pengguna yang paling banyak pengguna narkoba sebenarnya ada di wilayah Jawa barat, dengan jumlah pengguna 792.206, disusul jatim dengan pengguna 568.304 jiwa dan selanjutnya Jateng, dengan jumlah pengguna 452.743 Jiwa. Namun karena jumlah penduduk yang banyak membuat prevelensi mereka kecil.
 
Humas BNN Slamet Pribadi mengatakan, Jenis narkoba yang paling banyak digunakan adalah Jenis sabu, kedua ganja, dan kemudian ekstasi. Para pengguna pertama awalnya memakai ganja, kemdudian ekstasi baru kemudian Sabu.
 
Hal itu diungkapkan oleh Slamet Pribadi saat ditemuai wartawan di Hotel Danau Toba, Medan Kamis, (20/8/2015). Selain itu Kota Medan juga menjadi berada ditingkat ke-3 nasional sebagai kota yang memiliki jumlah penguna narkoba.
 
“Dalam grafik nasional, Medan ini rangking ketiga, ini harus menjadi perhatian bersama” Ujar Slamet.