Tidur Miring, Cara Mengurangi Risiko Terkena Parkinson

Tidur Miring, Cara Mengurangi Risiko Terkena Parkinson
 Sipayo.com – Tidur dengan posisi miring dapat menurunkan risiko Alzheimer atau Parkinson. Tidur miring efektif membantu otak dalam menghilangkan produk limbah daripada tidur terlentang atau tengkurap. Hal ini dikemukakan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stony Brook di New York.
 
Peneliti bereksperimen pada tikus yang dibius, menggunakan metode MRI kontras dinamis dan pemodelan kinetik dalam mengukur nilai tukar cairan serebrospinal (CSF) dan cairan interstitial (ISF) di otak tikus.
 
Para peneliti melihat jalur glymphatic – atau penyaringan – nilai tukar CSF-ISF di posisi tidur miring, terlentang dan tengkurap.
 
Dari eksperimen diatas, peneliti menemukan transportasi glymphatic lebih efisien terjadi dalam posisi miring bila dibandingkan dengan posisi telentang atau tengkurap.
 
“Hasil analisis secara konsisten menunjukkan bahwa transportasi glymphatic lebih efisien terjadi dalam posisi miring bila dibandingkan dengan posisi telentang atau tengkurap,”  Dr Helene Benveniste, seorang profesor di Stony Brook Departemen Anestesiologi dan Radiologi dan peneliti utama studi tersebut. Seperti dikutip sipayo.com pada tribunews, Rabu (12/8/2015).
 
Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh.
 
Penyakit parkinson merupakan penyakit yang banyak diderita orang berusia lanjut dan menyebabkan ketidakmampuan gerak yang terus memburuk dan terjadi dalam jangka panjang. Beberapa tokoh dunia juga menderita penyakit ini, seperti mendiang Paus Yohanes Paulus II, petinju Muhammad Ali, bahkan Adolf Hitler.