Tips Cara Sederhana Mengatasi Sulit Tidur

Tips Cara Sederhana Mengatasi Sulit Tidur
 
Sipayo.com – Sulit tidur (insomnia) sangatlah menganggu aktifitas seseorang, karena kurang istrihat akan membuat seseorang tidak maksimal dalam bekerja.
 
Banyak cara yang dilakukan oleh seorang mengatasi gangguan sulit tidur (insomnia) yang dialaminya salah satunya adalah dengan memakan obat tidur, padahal obat tidur juga kurang baik bagi kesehatan.
 
Ternyata gangguan sulit tidur dapat diatasi tanpa memakan obat. Menurut penelusuran sipayo.com ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi sulit tidur (insomnia). Berikut informasinya :
 
1. Meniup gelembung
Menurut  Rachel Marie E.Salas, profesor neurologi dari Johns Hopkins University School of Medicine, Meniup gelembung seperti menghirup napas dalam, yang bisa membuat tubuh dan pikiran kita tenang.
 
2. Alihkan perhatian
Menurut Janet K. Kennedy seorang psikolog, Rasa gelisah akibat mata yang tak kunjung terpejam bisa menimbulkan stres dan tubuh akan melepaskan adrenalin. Akibatnya makin sulit untuk terpejam.
Untuk itu dengan mengalihkan perhatian seperti membaca buku bagus untuk membuat rasa lelah tubuh seperti diambil alih.
 
3. Dengarkan musik
Musik yang lembut dan menenangkan membantu kita tertidur, tempo musik yang rendah terbukti menurunkan detak jantung dan tekanan darah.
 
4. Olahraga di sore hari
Olahraga selama 90 menit sebelum waktu tidur terbukti bisa menurunkan kadar hormon stres.
 
5. Abaikan jam
Jangan mengecek jam, karena Anda akan mulai berpikir berapa lama lagi harus bangun pagi. Hal ini hanya menciptakan kecemasan.
 
6. Menulis sebelum tidur
Dengan menulis apa yang anda pikirkan sebelum tidur, membuat pikiran anda rileks sehingga mudah untuk tidur.