Tips dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Tips dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami
Sipayo.com – Rambut adalah mahkota bagi setiap orang. Dengan hal tersebut, maka tentu rambut sangat penting untuk dijaga agar tetap sehat dan kuat. Meski demikian, tak jarang pula rambut justru mengalami masalah saat dilakukan perawatan.
Adapun masalah yang kerap datang, yakni timbulnya rambut rontok, kusam, ketombe, dan juga rambut kering. Rambut rontok sendiri dapat terjadi karena rapuh dan kelembaban rambut yang kurang terjaga. Apakah Anda juga memiliki masalah dengan rambut rontok? Dilansir dari wikihow.com, berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok:
1. Penuhi Vitamin yang Diperlukan Tubuh Khususnya Rambut
Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, maka Anda sangat perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bervitamin. Banyak vitamin yang dapat membantu kulit rambut menjadi sehat dan kuat. Vitamin tersebut diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin E. Vitamin A mengandung anti oksidan yang baik bagi kesehatan rambut. Sementara, Vitamin B dapat membantu kulit kepala dan rambut memproduksi melanin jauh lebih baik, adapun Vitamin E dapat merangsang sirkulasi darah yang baik bagi kulit kepala.
2. Minyak Esensial
Gunakan minyak esensial sebagai masker rambut. Minyak esensial dapat dari minyak zaitun, minyak wijen ataupun minyak kelapa. Aplikasikan minyak esensial ke kulit kepala secukupnya. Sertakan pijatan untuk menambah rasa nyaman dan santai pada kulit kepala Anda. Lakukan hal ini secara teratur dua kali dalam seminggu.
3. Bawang Putih
Selain mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh, bawang putih juga memiliki peranan baik untuk kesehatan rambut. Kandungan nutrisi pada bawang putih dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Caranya cukup mudah, yaitu jus bawang putih hingga halus lalu gunakan sebagai masker rambut. Oleskan jus bawang putih ke seluruh rambut hingga lapisan kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit lalu berkeramaslah seperti biasa.
Keramas
4. Keramas
Hindari keramas terlalu sering untuk mendapatkan rambut kuat dan tidak mudah rontok. Beri jeda untuk waktu keramas, misalnya maksimal 3 hari sekali. Keramas setiap hari akan membuat rambut berada pada kelembaban yang berlebihan. Kelembaban rambut yang berlebihan dapat memicu kerontokan atau kerapuhan pada rambut.
Teh Hijau

5. Teh Hijau
Seduh teh hijau pada air panas lalu biarkan hingga dingin. Aplikasikan air teh ini ke rambut hingga kulit kepala. Basuhkan ke seluruh bagian rambut dan diamkan kira-kira selama 1 jam. Jika sudah, Anda dapat membilas rambut Anda dengan air biasa atau keramas seperti biasa.
Demikian cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami yang dapat kami sampaikan. Bagaimana Ladies? Untuk memiliki rambut sehat dan kuat, cukup mudah bukan?