5 Tips ini Efektif Membuat Anak Rajin Menyikat Gigi

5 Tips ini Efektif Membuat Anak Rajin Menyikat Gigi
Sipayo.com – Menyikat gigi sebanyak dua kali sehari hal yang sangat penting dilakukan agar kesehatan gigi tetap kuat dan terjaga dengan baik.
 
Kebiasaan menyikat gigi sejak kanak-kanak sebaiknya ditanamkan sejak dini, agar gigi si anak dapat tumbuh dengan baik hingga dewasa. Namun yang namanya anak-anak sering tidak mau menyikat giginya.
 
Agar si kecil rajin menyikat gigi, para ibu dapat melakukan beberapa tips yang sudah sipayo.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini :
 
1. Kenalkan Sikat Gigi Sejak Dini
Tak kenal maka tak sayang begitu kata pepatah. Maka dari itu agar si kecil sayang dan nantinya rajin menyikat giginya sendiri, anda mesti mengenalkan apa, dan bagaimana menyikat gigi dan apa  fungsinya. Agar si kecil lebih suka, gunakan pasta gigi yang rasa buah dan menarik.
 
2. Ajak Anak Bermain
Saat ini sistem “Learning by Game” merupakan sebuah metode belajar yang sangat efektif, karena selain  tidak membosankan, biasa akan lebih mudah diingat dan tentunya menyenangkan.
 
Misalnya dengan bermain peran. Ajak anak berperan sebagai pahlawan gigi dan orang tua menjadi penjahat gigi.
 
3. Selalu Bantu dan Dampingi
Sebelum anak terbiasa, kita harus senantiasa mendampingi dan membantu sianak agar dapat menyikat gigi dengan baik. Hal ini perlu, karena tentunya si kecil belum sadar akan pentingnya menyikat gigi  dan melakukannya.
 
4. Kenalkan Anak pada Dokter gigi
Bawalah anak anda ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan giginya, karena dengan demikian si anak akan mengetahui apa dan bagaimana sesungguhnya kesehatan gigi itu.
 
5. Berikan Hadiah
Bila anda melihat si kecil menyikat gigi dengan baik dan rutin, berikan penghargaan seperti memberikan hadiah-hadiah kecil atau pujian sewajarnya.