Tips Mencuci Panci Gosong Agar Bersih Mengkilat

Tips Mencuci Panci Gosong Agar Bersih Mengkilat
 
Sipayo.com – Bagi seorang ibu rumah tangga peralatan dapur yang bersih jadi sebuah kebahagian tersendiri. Namun, yang namanya peralatan memasak seperti panci misalkan tentu tidak terlepas dengan namanya Gosong
 
Panci yang gosong tentu akan membuat panci itu seakan tidak berharga lagi. permukaan yang hitam akan membuat panci itu terkesan kotor dan tidak baik untuk dipakai lagi.
 
Sebenarnya panci atau peralatan masak yang gosong dapat kembali bersih dan mengkilat seperti sedia kala. Salah satu caranya adalah dengan mencuci peralatan tersebut.
 
Untuk lebih memudahkan anda membersihkan panci atau peralatan masak lain kembali berish dan mengkilat, anda dapat menggunakan cara sederhana dibawah ini.
 
1. Siram Cuka
kandungan asam asetat pada cuka akan memudahkan kita memberishkan panci gosonh. Siramkan cuka, diamkan sebentar lalu gosok pakai spons.
 
2. Taburkan Baking Soda
Taburkan baking soda langsung di panci yang gosong, diamkan dulu, kemudian cuci dengan spons dan sabun hingga bersih.
 
3. Rendam Air Panas dan Sabun Pencuci Piring
Dengan merendam panci gosong maka membuat kerak gosong yang menempel pada panci lebih lembek dan mudah dibersihkan.
 
4. Oleskan Minyak Sayur
Minyak sayur membantu melunakkan kerak gosong pada panci. Oleskan minyak sayur, tunggu sebentar memdua gosok dengan spon sabun hingga bersih.
 
5. Buat Pasta Pembersih Sendiri
Cara ini digunakan bila panci anda gosongnya sangat parah. Cara membuat pasta sendiri adalah Campur baking soda dengan cuka, lalu tambahkan air perasan jeruk lemon secukupnya hingga menjadi pasta kental.
 
Oleskan pasta tadi, kemudian diamkan beberapa menit.Isi panci dengan air dan panaskan 10-15 menit, matikan kompor dan biarkan seharian. Setelah itu gosok dengan spon atau dengan sendok.