Alasan Facebook Membuat Tombol Dislike

Alasan Facebook Membuat Tombol Dislike

Sipayo.com – Setelah hampir 12 tahun beroperasi Facebook sedang merancang tombol “dislike” yang sudah lama diminta oleh para pengguna. Hal ini diungkapkan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg seperti dikutip sipayo.com pada halaman Gizmodo, Senin (21/9/2015).

 
Salah satu alasan adanya keinginan membuat tombol “dislike” adalah agar tombol ini lebih bisa dimanfaatkan oleh netizen yang telah matang dalam usia dan semoga dalam sikap.
 
Menurut Zuckerberg  Selama 12 tahun, Facebook tidak membuat tombol “dilike” dikarenakan ketidakinginanan dirinya membuat facebook sebagai forum menjatuhkan postingan pengguna, bully dan penyebaran energi negatif, apalagi mengingat pengguna facebook pada umumnya dalah ABG.
 
“Saya tak ingin Facebook jadi forum orang-orang menjatuhkan postingan orang lain,” kata Zuckerberg.
 
Saat ini Facebook sudah mulai banyak digunakan oleh orang dewasa yang lebih suka membagi berita, pemikiran dan hal-hal serius lainya, sehingga tombol dislike dianggap perlua untuk mengakomodir ekspresi lain untuk menanggapi suatu isu.
 
“Tak semua momen adalah momen bahagia, bukan? Jika Anda membagi berita sedih, tak apik rasanya orang lain me-like unggahan Anda,” kata Zuckerberg.
 
menurut data dari Pew Research Center, 62 persen pengguna Facebook berumur di atas 25 tahun. Dulu status didominasi foto-foto remaja dan gosip ala ABG, sekaran facebook dipenuhi dengan status berita dan tanggapan terhadap situasi yang ada.
 
Rencana facebook membuat tombol “dislike” mendapat tanggap yang positif dari pengguna, namun belum diketahui pasti kapan  dan seperti apa tombol dislike ini akan dimunculkan oleh situs Jejaring sosial terbesar ini.