Anggota DPRD: Festival Danau Toba Lebih Baik Ditiadakan

Anggota DPRD: Festival Danau Toba Lebih Baik Ditiadakan
Sipayo.com – Anggota DPRD dari Fraksi Hanura Rinawati Sianturi bependapat bawah festival Danau Toba lebih baik ditiadakan, dimana event ini kurang berpengaruh positif dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumut.
 
“Kalau tidak ada manfaatnya, apalagi jika sebatas seremonial, lebih ditiadakan saja,”  Ujar Rina
 
Rinawati mengakui bahwa konsep Festival Danau Toba merupakan  bagian promosi potensi parawisita danau toba, namu kenyataannya kegiatan itu tidak berpangaruh positif dalam meningkatkan kunjungwan wisatawan ke sumatera utara.Hal ini disebabkan pengelolaan Festival Danau Toba dinilai kurang tepat.
 
Festival danau toba juga kurang menonjolkan potensi budaya yang ada dikawasan danau toba, bahkan panitia kurang melibatkan masyarakat lokal diberbagai kegiatan. Padahal kegiatan ini merupakan agenda tahunan.
 
Walau kegiatannya tahun, penyelenggaraan festival danau toba kurang membawa pengaruh terhadap sektor parwisata danau toba. hal ini disebabkan penyelenggaran masih terjebak pada seremonial belaka.
 
“Lebih baik ditiadakan lagi kalau tidak ada faedahnya.  Lebih baik anggarannya dialihkan ke pertanian,” ujar Rinawati seperti dikutip sipayo.com pada waspada, Senin (28/9/2015).
 
 
Penyelenggaran Festival Danau Toba 2015 akan diselenggarakan di Kabupaten Karo, karena kabupaten samosir yang seyogianya menjadi tuan rumah pada tahun 2015 ini menolak karena alasan anggaran yang tidak cukup.