Bahaya Sering Dikerok, Bisa Kecanduan

Bahaya Sering Dikerok, Bisa Kecanduan
Sipayo.com – Bagi orang yang suka dikerokin supaya untuk berhati-hati karena menurut sebuah studi dapat membuat yang dikerok kecanduan. Hal ini diungkapkan Prof Dr dr Didik Gunawan Tamtomo, PAK, MM, MKes, Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta.
 
Menurut doket Didik, rasa tenang dan nyaman yang dirasakan setelah dikerok dikarenakan peningkatan hormon endorfin dalam jumlah banyak.
 
Endorfin merupakan motrfin alami yang dihasilkan oleh tubuh yang kemampunanya melebih morfin yang dibuat dalam obat, karena itu orang yang suka dikerok jadi kecandungan.
 
Bagi orang yang sudah ketagihan dikerokin disarankan agar kebiasaanya ini dikurangi karena endorfin belum diketahui apakah endorfin yang diproduksi oleh tubuh secara terus-menerus baik buat kesehatan.
 
“Kita belum tau apakah Jika endorfin yang terus menerus diproduksi itu bisa berbahaya bagi tubuh atau  bisa habis,” ujar Prof Didik saat memberikan ceramah ‘Sehat dengan Tahajud dan Kerokan’ di Jakarta, jumat (5/9/2015) lalu/
 
Disarankan juga, sebaiknya mengerok itu dilakukan setelah berkas kerokan sebelumnya hilang. Jangan dikerok pada tempat yang sama.