Benarkah Pangeran Salman Penyebab Terjadinya Tragedi Mina?

Benarkah Pangeran Salman Penyebab Terjadinya Tragedi Mina?
Sipayo.com – Banyak spekulasi muncul terkait terjadinya musibah Mina yang menyebabkan lebih dari 1100 jemaah haji wafat. Kantor berita Iran, Irb versi bahasa Indonesia melaporkan, salah satu penjelasan yang dipublikasikan Koran Lebanon, Ad Diyar mengenai penyebab tragedi tersebut.

Menurut laporan koran tersebut, kehadiran pangeran mahkota yang juga merupakan Menteri Pertahanan Arab Saudi, Pangeran Muhammad Bin Salman di Mina, dan kembalinya melawan arus jemaah haji sebagai faktor penyebab terjadinya tragedi Mina.

Rombongan tersebut, yang dikawal oleh 200 tentara dan 150 polisi, memerintahkan jemaah haji untuk pindah arah karena kehadiran sang putra raja. Rombongan itu juga menerobos kerumunan jemaah haji yang sedang menunaikan ibadah di Mina.

Setelah itu, Pangeran Salman bersama rombongan kembali meninggalkan lokasi dengan mengambil arah berlawanan dengan arus jemaah haji. Akibatnya jamaah haji semakin berdesakan dan kemudian korban berjatuhan.

Meski mengemuka pemberitaan bahwa Pangeran Arab diduga sebagai penyebab terjadinya tragedi di Mina, namun Pemerintah Arab Saudi telah membantah keras tudingan tersebut.

Menteri Kesehatan Saudi, Khaled al-Falih malah menunjuk para peziarah alias calon haji yang akan menunaikan ibadah lempar jumrah, sebagai penyebab tragedi. “Jika para peziarah mengikuti petunjuk, kecelakaan itu bisa dihindari,” kata Khaled al-Falih, seperti dikutip kembali dari Press TV, Jumat (25/9/2015).