Cara Efektif Kampanye dan Sosialisasi Politik di Facebook

Cara Efektif Kampanye dan Sosialisasi Politik di Facebook
Sipayo.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di tahun 2015 tinggal menunggu dalam hitungan bulan. Para politisi yang akan bertarung pada perhelatan pesta demokrasi untuk masing-masing tingkat daerah tersebut tentu sudah jauh-jauh hari mempersiapkan strategi agar mendapatkan dukungan maksimal dari masyarakat.
Pada zaman yang sudah canggih dan serba internet saat sekarang ini, tentu saja cara berkampanye tidak melulu harus dilakukan melalui kegiatan pawai di jalanan. Banyak cara yang dapat dicoba untuk meraih dukungan maksimal, terutama melalui media sosial karena pengguna internet di Indonesia kian bertambah dari waktu ke waktu.
Salah satu media sosial yang paling di minati oleh masyarakat Indonesia adalah Facebook. Bahkan secara nasional, banyak politisi meraih dukungan dan popularitas setelah membuat akun di Facebook.
Facebook sebagai salah satu sarana media sosialisasi politik dan kampanye yang efektif bagi para politisi juga diakui oleh penggiat sosial media Alexander Firdaus Meliala. Menurutnya, Facebook dapat dimanfaatkan untuk meraih banyak dukungan, baik lewat pertemanan, komentar, dan juga like.
Alexander mencontohkan seperti negara Brazil misalnya, sebagai salah satu media sosial, Facebook di negara tersebut bahkan sudah dianggap sangat penting bagi para politikus dalam rangka meraih suara bagi para pemilih, khususnya pemilih pemula atau muda.
Lalu cara apa yang harus ditempuh, sehingga keberadaan Facebook dapat menjadi alat sosialisasi dan kampanye efektif bagi para kandidat calon kepala daerah? Berikut adalah 4 tips yang dikemukakan oleh Alexander:
1. Buatlah status orginal
Upayakan agar status yang ditulis bukanlah saduran dan berkesan seperti ‘status biasa’. Bila perlu, si pemilik akun mencoba untuk selalu membuka sesi tanya jawab langsung dengan para ‘friends’ lewat Facebook. Langkah sesi tanya jawab ini dianggap sangat perlu, agar keberadaan status yang senantiasa Anda tulis tidak dianggap terlalu ingin menggurui.
2. Posting status di waktu yang tepat
Mem-posting atau membuat status di Facebook juga harus dipikirkan waktu-waktu yang tepat. Dengan demikian, Anda juga perlu melihat survei jam pemaikan Facebook yang paling banyak. Misalnya pada saat jam makan siang, jam makan malam dan sebagainya.
3. Lihat respon para pembaca
Anda harus senantiasa membuat analisa tentang seberapa besar respon pembaca atas status yang Anda tulis. Upayakan buat topik secara menggugah, sehingga besaran respon yang ingin didapat dari setiap staus yang dibuat bisa tercapai secara maksimal.
4. Jangan sering update status
Meski memiliki akun fanpage, sebaiknya para kandidat calon kepala daerah atau tim sukses sebaiknya jangan terlalu sering membuat status. Upayakanlah membuat status tidak lebih dari 3 kali dalam sehari. Hal ini perlu untuk mengindari adanya kesan ‘spam’ dan rasa bosan dari pembaca ketika Anda terlalu sering membuat status.