Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala Setelah Ganti Tabung

Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala Setelah Ganti Tabung
Sipayo.com – Dua minggu yang lalu ketika istri sedang asik memasak didapur, tiba-tiba kompor gas mati. Setelah diperiksa ternyata gasnya telah habis, sehingga dalam waktu yang segera langsung dibeli gas baru ke warung sebelah rumah. Ketika tabung gas baru dipasangi selang, kemudian kompor dicoba untuk dihidupkan kembali, tetapi apinya tidak menyala.

Ketika istri datang mengadu terkait masalah kompor gas yang tidak mau menyala, maka penulis langsung berkesimpulan bahwa kompor gasnya mungkin sudah rusak, sebab kebetulan sudah lama pula umurnya. Dalam hari itu juga, kompor gas baru juga segera dibeli.

Memang saat kompor baru dipasangi selang gas, ketika dicoba dinyalakan langsung hidup pula. Dengan demikian, dugaan bahwa kompor gasnya yang rusak ketika itu memang dirasa benar adanya.

Senin (14/09/2015) malam, saat istri tengah asik memasak, kompor gas kembali mati. Ketika di periksa, ternyata tabung gasnya telah kosong dan tabung gas yang berisi kembali dipesan ke warung sebelah. Setelah dipasang kembali dan kompor dicoba dinyalakan, kejadiannya kembali sama persis dengan yang dua minggu yang lalu, api kompor kembali tidak menyala.

Karena tidak mungkin rasanya bila kompor kembali rusak, akhirnya penulis turun tangan ke dapur melihat kompor yang tidak menyala, dan terlihat memang bahwa gas tidak keluar dari selang ketika kran gas kompor dibuka.

Telah mencoba berbagai cara, seperti membuka selang dari kompor dan menyambungkannya kembali. Namun semua upaya tersebut gagal dan kompor tetap saja tidak menyala. Karena sudah kebingungan, akhirnya penulis mencoba mencari tahu apa penyebab kompor gas tidak menyala setelah mengganti tabung gas yang baru.

Syukur-syukur, ternyata sudah ada juga tulisan tentang cara mengatasi kompor gas tidak menyala setelah ganti tabung di temukan di Google. Dari tulisan tersebut, disebutkan ada dua cara mengatasi permasalah kompor yang tidak menyala, diantaranya:

1. Mengetuk regulator gas secara perlahan, dan
2. Memutar-mutar kunci regulator gas secara perlahan-lahan.

Penulis praktekkan kedua cara tersebut, akhirnya berhasil dan kompor kembali menyala. Seiring dengan keberadaan kompor yang kembali menyala, istri penulis akhirnya dapat melanjutkan acara memasak yang sempat tertunda akibat kompor mati dan tak mau menyala lagi.