Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang
Sipayo.com – Gigi merupakan bagian tubuh yang memiliki peranan yang sangat vital. Dengan demikian, kesehatan gigi perlu selalu dijaga dengan baik, sebab seringkali mengalami kontak secara langsung dengan bakteri sebagaimana mulut merupakan pintu gerbang masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh.
Salah satu masalah yang kerap timbul pada gigi adalah timbulnya lubang yang tentu saja akan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, gigi berlubang juga turut akan menyebabkan nafas menjadi bau. Agar mulut Anda tidak bau yang disebabkan gigi berlubang, maka ada beberapa cara merawatnya, sehingga terbebas dari bau mulut.
Sisa makanan dan juga terjadinya pembusukan pada gigi merupakan penyebab utama terjadinya bau mulut. Untuk itu, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan gigi dengan rajin menyikat minimal 2 kali dalam sehari.
Selain cara tersebut, juga ada beberapa cara lain yang patut dilakukan untuk menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang. Berbagai cara tersebut dapat Anda simak sebagaimana yang dikutip Sipayo.com dari berbagai sumber berikut ini:
1. Sering minum air putih
Untuk mengurangi aroma nafas yang kurang sedap akibat gigi berlubang, Anda dapat mengatasinya dengan senantiasa berupaya membasahi bagian mulut. Hal tersebut akan mencegah berkembangnya bakteri yang menyebabkan bau mulut akibat gigi berlubang. Konsumsilah air putih sesering mungkin untuk menjaga agar bagian mulut tetap basah.
2. Gunakan obat kumur
Menggunakan obat kumur juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang. Sehabis menyikat gigi langsunglah berkumur untuk membantu membasmi bakteri akibat keberadaan gigi kurang bersih ketika hanya dengan menyikat gigi saja.
3. Gunakan sikat gigi berbulu halus
Ketika menyikat gigi, upayakan agar Anda menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Hal ini penting agar sikat gigi yang digunakan tersebut dapat menjangkau seluruh permukaan gigi, terutama pada bagian gigi yang berlubang. Selain itu, menggunakan sikat gigi berbulu halus juga akan turut menghindarkan terjadinya infeksi akibat menyikat gigi terlalu keras.
4. Tambal gigi
Merawat gigi yang telah berlubang tidak akan efektif menghilangkan bau mulut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambal bagian gigi yang sudah berlubang tersebut. Mengenai teknisnya secara berkelnajutan, maka Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter gigi. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi gigi Anda, apakah perlu perawatan yang berkelanjutan atau hanya memerlukan sekali pemeriksaan sekaligus langsung di tambal.
Demikian beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang. Semoga tips yang kami sajikan kiranya dapat membantu Anda untuk menghilangkan masalah bau mulut yang telah menjadi momok dalam keseharian Anda. Selamat mencoba…