Cara Mudah dan Efektif Menghilangkan Kecanduan Gula

Cara Mudah dan Efektif Menghilangkan Kecanduan Gula
Sipayo.com – Kecanduan akan gula memang terasa asing didengar, namun perlu diketahui, tanpa sadar banyak orang sudah kecanduan. Hal ini tentu kurang baik untuk kesehatan.
 
Ciri-ciri kecanduan gula yakni terasa lesu, sakit kepala terus menerus dan depresi bila tidak mengkonsumsi.
 
Nikki Oakley dari Inggris adalah salah satu contoh orang yang sudah candu akan gula, dimana perempuan ini mengkonsumsi hingga 50 sendok gula/hari. Sudah dapat kita bayangkan bagaimana efek dari kecanduan ini selain risiko diabetes yang semakin tinggi, pengeluaran juga tentu sudah semakin besar setiap hari.
 
Bagi anda yang sudah mulai candu akan gula, jangan kwatir karena ada cara untuk menghilangkan kecanduan gula sperti yang diungkapkan Spesialis gizi klinik, dr Ida Gunawan, MS.SpGK.
 
1. Hitung Konsumsi Gula Yang Dikonsumsi
WHO menganjurkan bahwa batas penggunaan konsumsi gula adalah sebanyak 25 gram/hari atau sekitar 3 sendok teh. Hal ini dapat menghindarkan diri kita dari risiko obesitas dan risiko penyakit diabetes, darah tinggi, stroke dan penyakit kardiovaskular.
 
2. Kurangi Konsumsi Makanan Yang Bergula
Banyak makanan ternyata mengadung kadar gula yang tingi seperti dalam bentuk kue, permen, biskuit, cokelat, es krim, dan lain-lain. Sebaiknya gunakan pemanis dari buah-buahan, bila anda membuat makanan seperti itu.
 
3. Alihkan Perhatian
Lakukan olahraga dan aktivitas lain untuk mengalihkan perhatian anda dari keinginan untuk mengkonsumsi gula.
 
4. Makan Secara Teratur
Makan teratur akan membuat anda tidak begitu menginginkan makanan yang manis- manis.
 
5. Makan Gula dengan Perlahan
Saat minum atau makan yang memiliki banyak kandungan gula, lakukanlah dengan berlahan-lahan.
 
6. Menggunakan Sweetener Tanpa Kalori
Gunakan penggati gula dengan rendah atau tanpa kalori agar, Dengan menggunakan sweetener tidak berkalori dan memiliki indeks glikemik rendah, gula darah pun relatif aman.
 
7. Beri Hadiah dan Minta Dukungan
Dukungan baik moril maupun materiil dari lingkungan sangat baik untuk seorang yang melepas kecanduan gula. Beri atau minta dukungan kepada orang-orang terdekat agar senantiasa mendukung program melepaskan kecanduan anda.
 
Nah itulah 7 tips cara mudah dan efektif untuk melepaskan kecanduang gula, semoga bermanfaat bagi anda.