10 Cara Mudah Mencegah Kena Kanker Menurut Ahli

10 Cara Mudah Mencegah Kena Kanker Menurut Ahli
 
Sipayo.com – Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat mematikan, namun sebenarnya penyakit ini dapat dicegah dengan mudah bila kita mau mengubah gaya hidup. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan sebanyak 43 persen kanker bisa dicegah.
 
Setipa tahun ada 12 juta didunia  orang menderita kanker dan 7,6 juta diantaranya meninggal dunia, sedangkan di Indonesia menurut riset kesehatan tahun 2013 ada 14 orang pasien kanker setiap 1000 penduduk.
 
Menurut World Cancer Research Fund, banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kanker. Berikut 10 cara mudah mengurangi risiko kanker menurut para ahli yang sipayo.com kutip pada dailymail, Rabu (23/9/2015).
 
1. Kurangi garam
Menurut para ahli, konsumsi banyak garan bisa meningkatkan risiko kanker di perut karena dapat merusak lapisan lambung. Untuk itu gunakanlah garam sebaik mungkin.
 
2. Kurangi konsumsi daging merah
Banyak mengkonsumsi daging merah dapat merusak lapisan usus sehingga meningkat risiko kanker. World Cancer Research Fund menyarankan untuk mengkonsumsi dagin tidak lebih dari 500 gram/orang.
 
3. Memberikan ASI
Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan bisa mengurangi resiko kanker payudara dan akan lebih baik dilanjutkan hingga 2 tahun.
 
4. Stop Merokok
Sekitar 90 persen kanker paru-paru terjadi pada perokok, untuk itu berhentilah merokok.
 
5. Jangan terlalu banyak suplemen
Menurut World Cancer Research Fund untuk mendapati kecukupan nutrisi, sebaiknya konsumsi makanan sehat. Karena suplemen vitamin juga memiliki batas, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter bila ingin mengkonsumis suplemen.
 
6. Stop junk food
Makanan cepat saji rata-rata berkalori tinggi dan bisa membuat seseorang menjadi kelebihan berat badan sehingga meningkatkan risiko kanker.
 
7. Tidak minum alkohol
Llkohol dapat merusak DNA sehingga meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk kanker.
 
8. Makan sayur dan buah-buahan
Buah-buahan mengandung zat yang disebut fitokimia, yang dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan penyebab kanker. Maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari.
 
9. Aktivitas fisik
Kktivitas fisik yang teratur dapat menjaga kadar hormon tetap seimbang sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko kanker.
 
10. Menjaga berat badan sehat
Kelebihan berat badan meningkatkan risiko kanker untuk itu kurangi porsi makanan anda. Menurut World Cancer Research Fund, sekitar 24 ribu kasus kanker per tahun di Inggris bisa dicegah jika semua orang menjaga berat badan yang sehat seperti 10 jenis kanker, seperti  kanker usus, payudara, hati, dan prostat.
 
Itulah 10 cara mudah dan sederhana yang dapat anda lakukan. Seperti kata pepatah lama lebih baik mencegah daripada mengobati. semoga bermanfaat.