Daftar Makanan Berkolestrol Tinggi Yang Wajib Diketahui

Daftar Makanan Berkolestrol Tinggi Yang Wajib Diketahui
Sipayo.com – Kolestrol yang dikandung oleh makanan ada dua jenis, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolestrol “jahat” (LDL). Kedua jenis kolestrol ini bersumber dari makanan dan minuman yang kita konsumsi
.
HDL maupun LDL dua kolestrol yang dibutuhkan oleh tubuh. Kolestrol LDL dikatakan jahat karena dapat menyebakan penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia seperti, Jantung dan stroke.
 
Kolestrol LD L beredar dari hati ke berbagai organ untuk memperbaiki membran dan produksi hormon meninggalkan namun kolestrol ini dapat mengendap di dinding pembuluh arteri dalam bentuk plak lemak saat melewati arteri, yang dapat meradang dan mempersempit dinding pembuluh darah sehingga menimbulkan penyakit.

Kolestrol HDL bermanfaat untuk mengumpulkan kelebihan kolesterol LDL di arteri, dan kemudian mengembalikannya ke hati untuk didaur ulang atau dihilangkan.
 
Dari penelusuran sipayo.com, senin (28/9/2015) ada beberapa jenis makanan yang berkolestrol tinggi yang perlu anda ketahui yakni.
 
1. Gorengan
Minyak goreng yang berulang-ulang dipakai dan minyak yang sangat panas akan membuat kandungan asam lemak jenuh akan semakin tinggi. Sepotong gorengan saja bisa menambah kadar low density lipoprotein (LDL) karena mengandung lemak trans dan lemak jenuh.

2. Telor Puyuh
10 gram telur puyuh mengandung kolesterol 3.640 mg, namun lemak jenuh pada makanan ini cukup rendah
 
3. Cumi-cumi
Setiap 10 gram terkandung sekitar 1.170 mg kolesterol.
 
4. Otak Sapi
10 gram otak sapi, kandungan kolesterolnya bisa mencapai sekitar 2.500 mg.
 
5. Kuning Telor
Pada 100 gram telur ayam, kandungan kolesterolnya mencapai 150-200 mg, namun kandungan lemak jenuhnya cukup rendah.
 
Menurut ahlo Kalbe Nutritionalis, dr Iwan Surjadi Handoko Iwan, Makanan tinggi kolesterol bukan serta-merta langsung dijauhi, namun dibatasi konsumsinya. Asupan lemak jenuh dianjurkan tidak lebih dari 7 persen dari total asupan kalori per hari.