Gunung Sinabung Kembali Erupsi 26 September 2015

Gunung Sinabung Kembali Erupsi 26 September 2015
Sipayo.com – Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi pada Sabtu 26 September 2015. Menurut data pengamatan pos Gunung Api di Desa Dokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, tercatat erupsi Sinabung mulai pukul 06.00 hingga 12.00 WIB.

Aktivitas seismik Sinabung meliputi satu kali guguran ke lava ke arah timur dan tenggara dengan jarak luncur sekitar 500 hingga 1000 meter.

Guguran awan panas juga terpantau terjadi sebanyak dua kali menuju ke arah tenggara dengan jarak luncur mencapai 3000 meter. Satu kali awan panas turut meluncur ke selatan dengan jarak luncur 1500 meter.

Kolom abu di puncak gunung mencapai ketinggian 2500 meter. Arah angin lebih dominan ke timur, sehingga kawasan di timur gunung tersebut lebih banyak terpapar abu vulkanik, seperti Berastagi.

Aktivitas kegempaannya meliputi 54 kali gempa guguran, 9 kali gempa hybrid, 1 kali tektonik jauh. Hingga berita ini dimuat, status Sinabung masih Awas atau level IV. Zona berbahaya masih berkisar 3 Km dari sekitar gunung, 7 Km di sektor selatan, dan 6 Km di sektor timur serta tenggara.

“Belum ada penambahan zona berbahaya,” kata seorang petugas pos pengamatan.

Sementara itu, abu vulkanik masih menyelimuti jalan-jalan di Kota Brastagi. Banyak warga yang tak mengenakan masker karena semburan abu vulkanik terjadi tiba-tiba. Relawan dan anggota TNI turun ke jalan dan membagi-bagikan masker.