Gunung Sinabung Mengeluarkan Lava Pijar Malam Ini

Gunung Sinabung Mengeluarkan Lava Pijar Malam Ini
Sipayo.com – Geliat Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali mengemuka dalam kurun beberapa hari terakhir. Malam ini, Kamis (17/9/2015) sekitar pukul 19.22 WIB tercatat telah terjadi luncuran lava pijar mencapai 1.500 meter yang mengarah ke bagian timur dan tenggara.
“Lava pijar teramati meluncur dari puncak Gunung Sinabung malam ini, lava pijarnya mengarah ke timur dan tenggara,” ujar anggota tim tanggap darurat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Yudi.
Lebih lanjut Yudi menjelaskan, lava pijar sering terjadi setiap malamnya. Hal tersebut dikarenakan dari perkembangan aktivitas gunung tersebut. Tremor gunung masih terekam dari pos pengamat Gunung Sinabung.
“Aktivitas magma di Gunung Sinabung naik sehingga menimbulkan lava pijar. Saat ini puncak gunung jelas teramati,” sambung Yudi.
Selain mengeluarkan lava pijar, Gunung Sinabung juga kata Yudi, telah mengeluarkan awan panas dan guguran satu kali yang mengarah ke tenggara dan timur. Jarak luncur awan panas guguran tersebut berjarak 2500 meter.
“Untuk kolom asap, tingginya 300 meter. Awan panas guguran itu terjadi siang tadi,” imbuhnya.
Saat ini, Gunung Sinabung masih berstatus awas. Warga dilarang masuk ke zona bahaya yang sudah ditentukan. Atas hal itu, warga diminta waspada.
Informasi yang dihimpun, tercatat 9 titik posko penampungan disediakan. Sebanyak 9.313 jiwa mengungsi atau 2.572 KK.