5 Hal yang Harus Dilakukan Mengindari Kemiskinan

5 Hal yang Harus Dilakukan Mengindari Kemiskinan
Sipayo.com – Seberapa banyakpun uang yang Anda miliki tak akan bisa bertahan lama bila tidak digunakan secara cermat dan hemat. Tetapi dengan sedikit trik yang diterapkan atas kebiasaan membelanjakan uang sehari-hari, mungkin Anda bisa lebih berhemat lagi, bahkan sekaligus mampu mengumpulkan uang.
Seperti yang dilansir Lifehack, Rabu (2/09/2015) ada 5 pemikiran yang harus diterapkan dalam rangka menjaga agar keuangan Anda tetap aman. Apa saja hal tersebut? Berikut adalah penjelasannya:
1. Berpikir untuk berhemat setiap saat
Bila ingin menghemat uang dan menabung, maka upaya utama yang harus dilakukan adalah menghilangkan kebiasaan belanja secara membabi buta. Pada setiap kali muncul pikiran ingin membeli sesuatu, selalulah berpikir “Berapa banyak waktu yang saya harus habiskan untuk bekerja untuk membayar semua ini?” Ketika Anda bersusah payah dalam bekerja untuk mendapatkan uang, sebaiknya Anda menunda dulu membeli sesuatu tersebut.
2. Berhemat membeli barang dan pengalaman
Ketika setiap hari Anda pergi ke Starbuck untuk minum kopi seharga USD 3 selama setahun. Maka Anda akan merasa terkejut setelah menyadari bahwa uang Anda telah terkuras antara USD 700 sampai USD 1.000 setiap tahunnya hanya untuk meminum kopi. Anda tentu akan berhenti sama sekali dari kebiasaan minum kopi di Starbucks.
Namun hal tersebut bukan jalan yang terbaik bila Anda masih ingin tetap menikmati kebiasaan tersebut. Untuk itu Anda cukup mengurangi kebiasaan dari setiap hari menjadi sekali atau dua kali seminggu. Atau bila perlu hanya minum kopi di beberapa hari khusus daripada setiap hari.
3. Ambil tawaran kerja ekstra
Ketika atasa menawarkan kerja lembur, ambil saja. Sebab bila pulang, Anda hanya akan menghabiskan waktu duduk-duduk santai di rumah tanpa menghasilkan apa-apa. Angga saja Anda akan kehilangan uang jika menyia-nyiakan tawaran lembur.
Akan lebih baik mendapatkan tambahan uang daripada hanya menonton TV yang kebanyakan diulang-ulang. Tidak masalah kehilangan kesempatan di masa lalu daripada mengabaikan peluang di masa depan.
4. Belanjakan uang untuk hal penting saja
Uang bisa dikatakan memiliki fungsi ketika Anda memberinya makna. Jika Anda memiliki satu juta dolar di bank. Namun tak pernah menyentuhnya, maka uang hanyalah angka-angka pada komputer.
Disisi lain, ketika Anda memiliki USD 100 dalam saku dan menghabiskannya untuk mentraktir istri makan malam romantis, Anda tidak hanya menghabiskan uang tersebut untuk makan malam, tetapi juga telah menciptakan kenangan indah yang tak akan terlupakan. Uang tidak akan memiliki banyak arti, kecuali jika Anda memanfaatkannya setiap sen yang ada padanya.

5. Anggap uang tabungan sebagai pendapatan tambahan
Ketika Anda tak menghabiskan uang berdasarkan kebiasaan dan belanja membabi buta akan mengubah cara berpikir Anda tentang uang. Anggap saja membelanjakan uang untuk hal-hal boros setiap hari sebagai pendapatan tambahan Anda. Cobalah berpikir berapa banyak uang yang telah dihabiskan perokok untuk kebiasaan yang tidak menyehatkan. Bila hal itu dibalik, berapa banyak uang yang seharusnya dapat dihemat oleh perokok, jika mereka menghentikan kebiasaan yang tak menyehatkan tersebut?