Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J5

Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J5
Sipayo.com – Samsung kembali merilis produk smartphone terbaru yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, Samsung Galaxy J5, yakni sekitar Rp2,799,000. Ponsel pintar ini menawarkan berbagai fitur unggulan yang sangat menarik yang telah memakai  Chipset Qualcomm MSM 8916 dari Snapdragon 410 yang bisa berlari dengan inti Quad Core 1.2GHz Cortex-A53. Penasaran dengan produk anyar buatan Samsung ini? Berikut spesifikasi lengkap Samsung Galaxy J5 seperti dilansir dari GSMArena (15/9/2015).
Spesifikasi
  • Resolusi 1280×720 5.0-inch Super AMOLED display
  • Qualcomm Snapdragon 410 chipset
  • 1.5GB RAM
  • Storage 8GB dengan microSD dan USB OTG dukungan
  • Kamera 13 megapixel belakang dengan LED flash dan video recording 1080p
  • 5 megapiksel kamera depan dengan LED flash dan video recording 1080p
  • Wi-Fi 802.11b / g / n, Bluetooth 4.1, GPS, 4G LTE
  • Dukungan Dual SIM
  • FM Radio
  • Baterai 2600mAh
  • Android 5.1.1 Lollipop
Desain
Samsung Galaxy J5 didesain dengan layar ukuran 5.0 dengan resolusi 720 piksel yang dikelilingi banyak bazel, serta dengan keberadaan lubang suara di atas layar dan kamera yang menghadap ke depan, juga dilengkapi sensor jarak. Namun, perangkat ini belum memiliki sensor cahaya untuk mengontrol kecerahan layar secara otomatis, serta tanpa pemberitahuan LED. Pada bagian bawah layar terdapat tombol Home yang diapit oleh multitasking dan tombol back.
Di bagian belakang terdapat kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel yang dilengkapi LED flash tunggal dan loudspeaker tunggal. Lensa kamera sedikit terangka, Slot microUSB dapat diakses tanpa harus melepas baterai. Penutup belakang dengan mudah dapat dilepas, sekaligus terkunci kembali ke tempat aman.
Tampilan
Dengan ukuran layar 5.0 inci dan resolusi 1280×720 pixel super AMOLED display, ditambah warna-warni alami untuk unit AMOLED, membuat Galaxy J5 terlihat hampir menyerupai sebuah LCD.
Laya juga memiliki sudut pandang yang sangat baik dengan kecukupan sinar matahari. Warga juga tidak bergeser dengan tingkat kecerahan, sehingga tidak bermasalah dengan beberapa display AMOLED.
Mengingat perangkat ini tidak dilengkapi sensor cahaya ambient, sehingga pengguna harus menyesuaikan kecerahan cahaya secara manual. Perangkan ini juga telah didukung mode Outdoors yang dapat meningkatkan kecerahan brightness max normal dan meningkatkan gamma untuk membuat tampilan lebih terlihat di luar ruangan. Touchscreen bekerja cukup baik dengan dukungan fitur multi touch.
Daya tahan baterai
Dengan daya baterai 2,600 mAh, keberadaan Galaxy J5 dinilai cukup kuat dari segi daya. Meski menggunakan dua kartu SIM, pengguna dapat menggunakan perangkat ini dengan ketahanan daya hingga 5-6 jam, sementara dengan mode stan-by, baterai dapat bertahan selama 20 jam. Namun demikian, pengisian baterai Galaxy J5 membutuhkan waktu yang cukup panjang, yakni tiga jam penuh dengan standar arus 5V/2A charger.
Software
Smartphone Samsung Galaxy J5 berjalan pada Android 5.1.1 dengan Samsung TouchWiz UI. Adapun keberadaan UI terlihat mirip dengan salah satu perangkat Galaxy baru S6. Pengguna akan mendapatkan beberapa fungsionalitas dari perangkan Galaxy yang lebih mahal termasuk tombol tekan depan ganda untuk meluncurkan sistem aplikasi lebar. Namun tidak ada S Voice atau mode multi window. Namun dari sisi pemutar musik, pengguna terlebih dahulu harus mendapatkan aplikasi tersebut dari Google Play, karena keberadaanya tidak tersedia pada perangkat ini.
Hardware
Galaxy J5 berjalan pada Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan quad-core Cortex-A53 CPU clock 1.2GHz dan Adreno 306 GPU. Ponsel ini juga memiliki RAM 1.5GB dan penyimpanan 8GB dengan dukungan microSD dan perangkat USB OTG.
Dalam benchmark sintetis, kinerja Galaxy J5 setara dengan perangkat lain yang menjalankan chipset Snapdragon 410. Perangkat ini didukung dengan RAM 1.5GB yang menyebabkan beberapa perangkat agak lambat.
Galaxy J5 juga dapat menangani game 2D dan game 3D dengan sederhana. Snapdragon 410 tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk menjalankan game 3D secara lancar pada resolusi 720 piksel.
Dalam hal konektivitas, J5 memiliki Wi-Fi 802.11b / g / n, Bluetooth 4.1, A-GPS, GLONASS dan LTE. Kinerja radio Galaxy J5 tidak memiliki magnetometer pada perangkat yang berarti Anda tidak dapat menggunakan fitur kompas dalam aplikasi navigasi.