HMKI Dampingi Plt Gubsu Serahkan Kurban untuk Korban Sinabung

HMKI Dampingi Plt Gubsu Serahkan Kurban untuk Korban Sinabung
Sipayo.com – Plt Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi didampingi oleh jajaran Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Sumatera Utara menyerahkan sebanyak empat ekor sapi kurban untuk pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Jumat (25/09/2015) siang.
Empat ekor sapi kurban tersebut terdiri dari satu ekor sapi sumbangan dari Presiden Joko Widodo, satu ekor sapi sumbangan dari keluarga Plt Gubsu, dan dua ekor diantaranya merupakan sumbangan dari jajaran pemerintahan Provinsi Sumatera Utara.

Acara penyerahan sapi kurban yang berlangsung di pelataran Masjid Agung Kabanjahe tersebut turut disaksikan oleh Bupati Karo Terkelin Brahamana, Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf Agustatius Sitepu, Kapolres Tanah Karo AKBP Victor Togi Tambunan, beserta sejumlah jajaran SKPD Kabupaten Karo.
Plt Gubsu dalam kata sambutannya menyebutkan bahwa penyerahan hewan kurban untuk pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung sebelumnya dijadwalkan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Namun karena presiden berhalangan hadir lantaran sedang meninjau kebakaran lahan yang terjadi di Kalimantan Tengah, sehingga acara penyerahan hewan kurban diwakili oleh Plt Gubsu.
“Sebelumnya penyerahan hewan kurban ini dijadwalkan akan dilakukan oleh bapak Presiden Jokowi, lantaran beliau berhalangan hadir, maka hari ini saya yang mewakili beliau menyerahkannya,” ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Umum Panitia Kurban Pemerintan Provinsi Sumatera Utara, Sudarto Purba menyebutkan, bantuan ini sebelumnya adalah atas permohonan melalui surat resmi dari DPD HMKI Sumut kepada Gubernur Sumut untuk dapat membantu hewan kurban kepada Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung di Hari Idul Adha.
“Setelah penyerahan nanti, sepenuhnya urusan kita amanahkan kepada Pemkab Karo dengan panitia pelaksana didampingi DPD HMKI Sumut untuk kapan waktu penyembelihan dan pendistribusiannya ke masyarakat,” ujar Sudarto.
Senada dengan Sudarto Purba, Wakil Sekretaris DPD HMKI Sumut Andreas Bangun turut membenarkan bahwa sebelumnya DPD HMKI Sumut telah membuat surat resmi kepada Gubsu untuk bantuan hewan kurban tersebut.
“DPD HMKI Sumut sebelumnya memang bermohon kepada Gubernur Sumut, kita tentu sangat bangga atas respon Pak Gubernur,” ujar Andreas didampingi Hendra Gunawan Tarigan (Kabid Organisasi), Steven Amor Tarigan (Wakil Sekretaris), Alexander Firdaust Meliala (Kabid Pemuda dan Mahasiswa), Gema Kristo Tarigan (Anggota Bidang Pemuda dan Mahasiswa), dan Elyas Marwan Sembiring (Anggota Bidang Organisasi).