Ikuti Pola Makanan ini Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Ikuti Pola Makanan ini Untuk Mencegah Penyakit Jantung
 
Sipayo.com – Saat ini penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Untuk itu sangat perlu bagi kita untuk mengetahui cara mencegah sebelum mengobati.
 
Salah satu cara mencegah penyakit jantung adalah dengan memperhatikan pola makanan yang sehat dan seimbang, lalu seperti apa pola makan sehat itu ?
 
Penelusuran sipayo.com pada mayo clinic, Jumat (11/9/2015) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan agar jantung kita tetap sehat yakni :
 
1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, rendah kalori dan kaya serat.  Zat-zat yang ada pada jenis makanan ini dapat mencegah penyakit kardiovaskular.
 
2. Konsumsi Biji-bijian
Biji-bijian seperti beras merah, barlet. dan gandunm mengandung banyak nutris dan sumber serat yang berfungsi untuk mengatur tekanan dar sehingga kesehatan jantung dapat terjaga.
 
3. Batasi lemak Jenuk
batasi diri anda mengkonsumsi lemak jenuh untuk mengurangi kolestrol. Karena dengan berkurangnya kolestrol akan menurunkan risiko penyakit jantung koroner.
 
4. Jangan berlebihan konsumsi garam
Standar norma seorang dewasa mengkonsumsi garam adalah 2.300 mg per hari atau sekitar satu sendok teh. Jangan lebih dari itu, karena kelebihan garam menyebabkan tekanan darah tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.
 
5. Pilih sumber protein sehat
Sumber protein yang sehat dapat banyak kita jumpai, seperti pada daging tanpa lemak, ikan, produk susu rendah lemak dan telur. Namun, ikan merupakan sumber protein yang lebih baik daripada daging, karena kaya akan Omega-3 yang berfungsi menurukan lemak darah.
Selain itu, sayuran seperti buncis, kacang polong, lentil juga jenis makanan yang kaya akan protein sehat.
6. Kontrol porsi makan
Hal yang terkahir yang dapat anda lakukan adalah dengan mengendalikan makanan yang anda konsumsi. Sebaiknya porsi makanan rendah kalori dan kaya nutrisi diperbanyak sedangan untuk makanan yang mengandung tinggi kalori, garam dan makanan olahan seperti junkfoof, fastfood dikurangi serendah mungkin.
 
Nah itulah pola makanan yang dapat anda lakukan agar jantung anda tetap sehat, semoga bermanfaat.