Infeksi Gigi dan Gusi Saat Hamil Penyebab Bayi Prematur

Infeksi Gigi dan Gusi Saat Hamil Penyebab Bayi Prematur
Sipayo.com – Saat hamil sebaiknya ibu memperhatikan kesehatan gigi dan gusi karena bila terjadi infeksi pada bagian ini dapat menyebabkan bayi lahir prematur.
 
Hal ini diungkapkan Ginekolog dari Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading dr Boy Abidin pada sebuah acara Kesehatan Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil di Jakarta, Kamis (4/9/2015).
 
Menurut dr Boy Abidin banyak ibu tidak menyadari bahwa infeksi pada gigi dan gusi dapat mempengaruhi kelahiran bayi. Pada umumnya,  kita lebih memikirkan nutrisi, gizi seimbang dan cek rutin kedokter kandungan untuk menjaga kesehatan si bayi dalam kandungan.
 
Berdasarkan pengalaman dr Boy Abidin, bahwa pernah pasiennya datang dan mempertanyakan mengapa bayinya lahir prematur padahal dirinya sudah mengkonsumsi makanan yang sehat degan gizi seimbang dan rutin mengecek kedokter kandungan.
 
“Dia tidak menyadari kalau infeksi gigi dan gusi juga dapat memengaruhi kondisi tersebut, Selain infeksi gigi dan gusi, mimisan juga pertanda bahwa pada tubuh si ibu terjadi infeksi” kata dr Abidin
 
Kehamilam membuat tubuh seorang ibu rentan terkena infeksi, dan akan menjadi sangat serius bila tidak ditangani dengan segera.  Gangguan dan gigi dan gusi salah satu contoh yang menjadi sumber infeksi yang menanggu proses kehamilan.