Ini Hukuman Mendownload Film dan Lagu Ilegal

Ini Hukuman Mendownload Film dan Lagu Ilegal
Sipayo.com – Pemerintah indonesia bakal menghukum orang yang mendownload film dan lagu secara illegal atau bajakan. Salah satu ancaman hukumannya adalah pemutusan jaringan internet bagi pelaku.
 
Hal ini diungkpakan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf kepada wartawan setelah bertemu dengan Bareskrim di Mabes Polri, Jumat (18/9/2015).
 
Hukuman bagi para pengunduh film dan lagu secara ilegal sudah diterapkan di Korea selatan dan Perancis. Hal ini dilakukan untuk mencegah masyarakat untuk mendownload film dan lagu tanpa izin.
 
“Di Korea, peringatan pertamanya itu, enggak bisa main internet lagi. Di Perancis sama Korea, itu udah efektif sekali. Ada lima kali peringatan dengan alert system ” Ujar Ayah Artis Sherina Munaf
ini.
 
Nantinya, bagi yang mendownloah film atau lagu secara ilegal, maka ada peringatan yang mengatakan bahwa ‘Anda sedang men-download ilegal konten dan bila diteruskan kecepatan internet akan diturunkan.
 
Untuk mewujudkan sistem peringatan dan sanksi bagi yang mendownload film dan lagu di internet, Badan Ekonomi kreatif akan bekerja sama dengan ISP yang ada di Indonesia dengan cara mendaftarkan lagu maupun film yang memiliki hak cipta.
 
Begitu ada yang ilegal, bukan situsnya ditutup, tapi orang yang men-download diberi peringatan,” ujarnya
 
Mengapa yang mendownload yang kena hukuman? karena dengan begitu banyaknya cara membajak karya senis saat ini, menghukum pengunduhlah dianggap sebagai cara  yang dianggap paling efektif