Inilah Alasan Ahok Tidak Mengkonsumsi Daging Anjing

Inilah Alasan Ahok Tidak Mengkonsumsi Daging Anjing
Sipayo.com – Meski dalam ajaran agama Nasrani tidak ada larangan untuk mengkonsumsi daging anjing. Namun Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memiliki cerita yang menyebabkan dirinya tidak mengkonsumsi daging yang diharamkan dalam ajaran agama Islam tersebut.

Menurut Ahok, banyak mitos tentang daging anjing yang beredar di kampung halamannya, di Belitung Timur. Salah satunya adalah digonggongin anjing melulu.

“Saya enggak suka makan anjing, sukanya hot dog. Kenapa saya enggak makan anjing? Jadi, di kampung saya, katanya kalau orang makan anjing, bisa digonggongin anjing melulu. Yang kedua, kalau makan anjing, di sungai bisa dimakan buaya lo, gitu katanya,” kata Ahok sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Selasa (29/9/2015).

Ahok juga berharap agar warga Ibu Kota tidak lagi mengkonsumsi daging anjing. Sebab, menurutnya, banyak anjing asal Sukabumi yang masuk ke Jakarta, dan kesehatannya tidak diawasi. Hal ini dapat menyebabkan penyakit rabies merebak.

“Ya, saya sih berharap orang mulai takut makan daging anjing karena daging anjing enggak diperiksa,” kata Basuki.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPKP) tengah menggodok peraturan gubernur (pergub) tentang peredaran daging anjing untuk dikonsumsi.

Di dalam pergub tersebut akan diatur mengenai pengawasan peredaran daging anjing di Jakarta. Semua anjing dapat masuk ke Jakarta melalui pemeriksaan yang ketat.

“Sama seperti daging sapi saja, nanti yang kena (tertangkap pasok anjing rabies) bisa dapat sanksi. Kami kerja sama dengan Polda Metro Jaya,” kata Ahok.

Adapun pembuatan pergub tentang peredaran daging anjing untuk dikonsumsi itu luput dari regulasi pemerintah. Sejumlah aspek yang akan dikaji menjadi materi pergub tersebut. Aspeknya terdiri dari tempat penjualan daging anjing konsumsi, tempat asal, dan surat keterangan sehat untuk anjing yang akan dikonsumsi.