Jajanan Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Anak

Jajanan Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Anak
Sipayo.com – Pada masa usia pertumbuhan seorang anak pasti membutuhkan banyak asupan makanan dan minuman agar pertumbuhan tubuhnya berkembang dengan baik.
 
Untuk memenuhi kebutuhan dan menjaga makanan dan minuman yang bergizi dan sehat  bagi si anak merupakan kewajiban orang tua, namun orangtua tidak dapat senantiasa mengontrol apa yang dikonsumsi si anak khususnya saat jajan disekolah.
 
Pengetahuan yang kurang, dapat juga membuat orang tua tanpa sadar membelikan jajanan yang tidak baik untuk kesehatan si anak.
 
Dikutip sipayo.com dari halaman promosi kesehatan kementerian kesehatan, Minggu (6/9/2016), bahwa jajanan yang sehat itu yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.
 
Dimana protein dna lemak berfungsi untuk kecerdasan, kekebalan dan pertumbuhan si anak, Karbohidrat befungsi untuk menjadi sumber energi dan vitamin dan mineral merupakan sumber kesehatan, kebugaran, dan kekebalan.
 
Sebaiknya jangan memberi atau membelikan jajanan seperi dibawah ini:
 
1. Jajanan yang kotor dan tidak tertutup
Karena makanan/minuman seperti ini dapat membuat si kecil berisiko terkena penyakit perut, deman dan diare, mantaber, tipus, kolera dan disentri.
 
2. Jajanan memakai zat perwarna mecolok
Jenis makanan ini akan mengakibatkan kerusakan hati, paru, otak, usus, lambung dan ginjal si anak.
 
3. Jajanan memakai penyedap
Jajanan seperti ini dapat memperlambat pertumbuhan si kecil, penyedap rasa juga membuat daya tubuh melemah.
 
4.Jajanan memakai bahan pengawet
Makanan dan minuman yang memakai bahan pengawet dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit berbahaya.