Kabupaten Karo Tuan Rumah Festival Danau Toba 2015

Kabupaten Karo Tuan Rumah Festival Danau Toba 2015
Sipayo.com- Tuan rumah Festival Danau Toba 2015,  dialihkan ke Kabupaten Karo, karena kabupaten Samosir menolak untuk menjadi tuan rumah dengan alasan anggaran.
 
Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Hasban Ritonga kepada wartawan di Kantor Gubsu, Selasa (22/9) kemarin. Dirinya menganku mendapat informasi dari Dinas Pariwisata Sumut.
 
“Kabupaten Samosir menolak untuk menjadi tuan rumah dengan alasan anggaran. Kemudian Kabupaten Samosir juga sedang dalam masa pemilihan kepala daerah. Kabupaten Karo juga siap menjadi tuan rumah Pesta Danau Toba ” Jelas Sekda.
 
Dana pesta danau toba sudah dianggarkan di APBD Sumut 2015 sebesar 1,7 miliar. Direncanakan Festival Danau Toba 2015 terselenggara pada Oktober mendatang.
 
Saat ini, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Karo sedang melakukan koordinasi terkait penyelenggaran Festival Danau Toba. Sejumlah Pemkab di sekitar kawasan Danau Toba juga sudah diundang.
 
“Kita harapkan koordinasi antara pemerintah Sumut, kabupaten, dan stakeholder tetap terjalin, mulai dari persiapan infrastruktur dan promosi Danau Toba” Ucap Hasban
 
Tema yang akan diangkat pada pesta yang diselenggarakan setiap tahun ini, tetap bersifat mempromosikan poten budaya dan pariwisata di Sekitar Danau toba.
 
Belum diketahui secara pasti lokasi dimana pesta danau toba ini dilaksankan, namun besar kemungkinan diadakan di Tongging, Kecataman Merek, karena hanya daerah ini yang manjadi wilayah Kabupeten karo ditepian danau toba.