Likas Tarigan Harapkan Suku Karo Bersatu

Likas Tarigan Harapkan Suku Karo Bersatu
Sipayo.com – Ny Likas Tarigan yang merupakan istri dari Pahlawan Nasional dari Tanah Karo, Djamin Ginting turut mengapresiasi suksesnya acara Karo Festival Karo 2015 sekaligus pelantikan DPD Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Sumut yang berlangsung beberapa waktu lalu di Lapangan Merdeka Medan.

“Saya sangat bangga atas terselenggaranya Karo Festival sekaligus pelantikan DPD HMKI Sumut yang sukses besar dan dihadiri puluhan ribu penonton,” ujar perempuan Karo yang kisah hidupnya pernah difilmkan dengan judul 3 Nafas Likas tersebut.

Lebih lanjut Ny LT Djamin Ginting yang juga dikenal sebagai pendiri HMKI tersebut mengatakan, awalnya pendirian HMKI di tahun 1995, datang beberapa pemuda Karo dari Kabanjahe dan Medan ke rumahnya di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta.

Para pemuda tersebut meminta untuk dibentuk Pusat Persatuan Pemuda Merga Silima, tetapi ketika itu Ny Djamin Ginting menyerankan agar dibentuk saja satu wadah pemersatu orang Karo, yaitu HMKI.

“Maka tanggal 28 Oktober 1995 di Hotel Century Park Jakarta kumpul 120 tokoh Karo sepakat membentuk HMKI dan Ketua Pertama, Guapa Malem Tarigan. Selanjutnya Raja Bana Purba, Putri Djamin Gintings Riemenda Jamin Gintings, Letjen Amir Sembiring dan sekarang DR. Ir. Alexander Barus, M.Sc, PhD,” jelasnya.

Selebihnya, Ny Likas Tarigan juga tak lupa memberikan pesannya kepada seluruh pengunjung Karo Festival dan Pelantikan DPD HMKI Sumut, serta seluruh warga Karo yang ada di Sumut untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

“Seperti acara kemarin itu, bukti bahwa warga Sumut, khususnya warga Suku Karo walau pun berbeda suku, etnis, agama dan golongan tetapi tetap bersatupadu menyaksikan event nasional yang diselenggarakan HMKI Sumut,” tutupnya.