Panwas Karo Periksa Mantan Calon Wakil Terkelin Brahmana

Panwas Karo Periksa Mantan Calon Wakil Terkelin Brahmana
Sipayo.com – Nursianna Surbakti, SE mendatangi Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kabupaten Karo, Jumat (28/8/2015). Kedatangan Nursianna untuk memberikan keterangan terkait pergantian dirinya sebagai pasangan calon wakil Terkelin Brahmana. (baca: Pilkada Karo: Terkelin Ganti Wakilnya)
 
 
Nursianna, mengakui datang untuk memenuhi panggilan Panwas atas surat omor 1.1/K.LPanwas – Karo/III/2015 yang dia terima. Dirinya diterima oleh staf dan Komisioner Panwas Karo dikantor Panwas Kabupaten Karo Jalan Veteran Gang Bakti, Kabanjahe.
 
Pada awalnya Nursianna Surbakti berpasangan dengan Terkelin Brahmana telah mendaftar sebagai pasangan peserta Pilkada kabupten karo pada 27 Juli 2015 bersama ketua parpol pendukung. Mereka didukung oleh  dua partai politik, Gerindra dan Partai Golkar dengan jumlah 11 kursi.
 
Namun tanpa sepengetahuan Nursianna, dirinya telah digantikan oleh Corry Sebayang. Nursianna kemudian mengadukan kasus yang menimpanya kepada Panwas Kabupaten Karo.
 
Nursianna mengaku dirinya diminta klarifikasi terkait pencalonan dirinya dengan Terkelin. Dihadapan Panwas dirinya sudah membeberkan kronologis dan semua yang dia alami.
 
“Saya sudah  menjelaskan kepada Panwas tentang kronologis pencalonan saya sebagai wakil bupati berpasangan dengan Terkelin Brahmana mulai dari awal sampai mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Gerakan Indonesia Raya yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekjen,” kata Nursianna seperti dikutip sipayo.com pada hariansib, selasa (2/9/2015).
 
Nursianna merasa sangat heran mengapa dirinya dicoret sebagai balon Wakil Bupati Karo saat penetapan calon oleh KPU melaui Surat Keputusan No :291 Kpts/KPU Kab/PB/VIII/2015 tahun 2015  tertanggal 24 Agustus 2015.
 
“Saya juga merasa heran kenapa pada waktu pergantian dan penetapan tidak dihubungi oleh KPU Karo dan begitu juga lewat Partai pendukung dan pengusung,” Ucap Nursianna.
 
Nursianna berharap pihak Panwas menindaklanjuti laporannya untuk menegaknak rasa keadilan dan terwujudnya pilkada yang bersih, mandiri, profesional dan akuntabel.
 
Ketua Panwas Kabupaten Karo Sukahati Sinuraya, mengatatakan bahwa benar Panwas memanggil Nursianna br Surbakti untuk diminta keterangan dan klarifikasi. Panwas juga agan memanggil pihak-pihak terkait untuk dimintai klarifikasi”
 
“Panwas juga akan memanggil pihak-pihak terkait untuk dimintai klarifikasi. Setelah semuanya kita klarifikasi, nantinya akan kita sampaikan secara terbuka ke media” jelas Sukahati.