Penyebab Crane Jatuh di Masjidil Haram Makkah

Penyebab Crane Jatuh di Masjidil Haram Makkah
Sipayo.com – Sebanyak 87 orang tewas dan ratusan lainnya mengalami luka-luka saat terjadinya musibah jatunya crane di dalam Masjidil Haram, Makkah, Jumat (11/09/2015). Dari puluhan korban meninggal dunia, 2 orang diantaranya adalah jemaah haji asal Indonesia yang berasal dari embarkasih Medan dan Jawa Barat.

Selain 2 orang meninggal dunia, sebanyak 29 orang jemaah asal Indonesia lainnya turut mengalami luka-luka. Saat ini korban luka sedang menjalani perawatan di tiga rumah sakit berbeda, yakni 10 orang di RS Zahir, 11 orang di RS Annur, dan 8 orang di RS Sektor IV Mekkah.

Adapun crane adalah alat pengangkut bahan-bahan bangunan yang sengaja di letakkan di Masjidil Haram karena sedang dalam prose pembangunan. Hingga berita ini dinaikkan belum diketahui secara pasti penyebab crane jatuh.

Namun diyakini, penyebab runtuhnya crane adalah akibat angin kencang yang terjadi sepanjang hari di Makkah. Saat ini, situasi di Arab Saudi memang tengah memburuk dengan badai angin dan hujan deras.

Saat ini, Gubernur Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal masih tetap ingin memastikan penyebab jatuhnya crane dalam bangunan yang sedang direnovasi tersebut. Ia telah menugaskan sebuah komite untuk menyelidiki penyebab kecelakaan mematikan tersebut.