Presiden Jokowi Diharapkan Serius Tangani Pengungsi Sinabung

Presiden Jokowi Diharapkan Serius Tangani Pengungsi Sinabung
Sipayo.com – Pengungsi korban bencana erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengharapkan pemerintah pusat serius dan tidak setengah hati dalam menangani bencana yang telah berlangsung selam lima tahun tersebut. Selama ini, penanganan pengungsi hanya serius saat gunung tersebut erupsi berkali-kali.
“Perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang paling diharapkan. Jika Presiden langsung menginstruksikan maka langsung dilaksanakan,” ujar Elisa Tarigan (40) seorang pengungsi Sinabung, sebagaimana dikutip dari beritasatu.com, Jumat (18/9/2015).
Lebih lanjut Elisa mengatakan, penanganan selama ini tidak dilakukan secara baik pada saat Gunung Sinabung tenang. Penanganan serius hanya dilakukan pada saat gunung tersebut mulai erupsi berkali-kali.
“Saat Sinabung tenang dan tidak bereaksi, penanganan pengungsi justru jauh dari yang diharapkan,” kata pengungsi lainnya, Jhonson Sembiring (50).
Menurut Jhonson, erupsi Gunung Sinabung dapat berakibat fatal bagi masyarakat bila tidak diantisipasi secara serius oleh pemerintah. Sebab tidak sedikit dari para pengungsi yang membandel dan nekat kembali ke desa mereka ketika keadaan Sinabung sedang tenang.
“Jangan sampai masyarakat dibiarkan kembali ke desanya masing-masing. Hal yang dikhawatirkan, jika terjadi letusan besar maka dipastikan korban berjatuhan, seperti kejadian beberapa tahun silam,” ungkapnya.
Pengungsi mengutarakan hal itu karena Gunung Sinabung, Kamis (17/9/2015) malam, kembali mengeluarkan lava pijar. Jarak luncur lava pijar itu mencapai 1.500 meter dan mengarah ke Timur serta Tenggara.