Randiman Tarigan Dilantik Pekan Ini Jadi Pj Walikota Medan

Randiman Tarigan Dilantik Pekan Ini Jadi Pj Walikota Medan
Sipayo.com – Randiman Tarigan semakin dekat menjabat sebagai Pejabat (PJ) Wali Kota Medan, disebutkan dalam pekan ini mantan Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan tersebut akan segera dilantik sebagai PJ Wali Kota.

Hal tersebut dikemukakan oleh anggota DPRD Medan dari Fraksi Partai Demokrat, Anton Pangabean kepada wartawan, Minggu (6/9/2015) kemarin.

Menurut Anton, dia mendapatkan informasi tersebut saat melakukan konsultasi terkait anggaran ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama anggota Badan Anggaran (Banggar) seperti Sabar Syamsurya Sitepu dan Ketua DPRD Medan, Jumat (4/9/2015) lalu.

Dalam kesempatan itu, mereka menyempatkan untuk bertemu dengan salah satu direktur di Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri untuk mempertanyakan lambannya pengangkatan Pj Wali Kota Medan.

“Untuk Pj kepala daerah, khususnya Kota Medan sudah ditetapkan dan tinggal dilakukan pelantikan. Randiman Tarigan yang akan diplot sebagai Pj Wali Kota Medan. Mungkin untuk menghemat waktu pelantikan akan dilakukan sekaligus oleh Plt Gubernur dan rencananya pekan ini juga akan dilantik,” jelas Anton.

Wakil Ketua Fraksi Demokrat DPRD Medan ini mengaku tidak terlalu mempermasalahkan siapa yang akan diplot menjadi Pj Wali Kota Medan. Bagiya, penunjukan Pj Wali Kota Medan harus dilakukan sesegera mungkin, mengingat roda pemerintahan berjalan stagnan di tangan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota.

“Plh Wali Kota tidak bisa berbuat apa-apa, padahal ada beberapa Perda terutama P-APBD 2015 yang harus disahkan dalam waktu dekat, karena pembahasannya sudah rampung beberapa waktu yang lalu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi yang dikonfirmasi pekan lalu meyakini, pekan ini 12 Pj wali kota dan bupati sudah dapat dilantik guna mengisi kekosongan kepala daerah yang habis masa periodenisasi.

“Seperti pernyataan Pak Dirjen Otda Kemendagri kemarin di media massa, pekan depan usulan Pj kepala daerah sudah bisa dilantik. Saya pikir kita tunggu saja ya,” ujar Erry kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Disinggung apakah usulan Gubsu Gatot Pujo Nugroho sebelumnya telah ia koreksi semua, Erry menyebutkan, yang jelas ada usulan baru dan sifatnya adalah penyempurnaan.

“Lebih tepatnya penyempurnaan. Itu diperbolehkan Kemendagri dan ada suratnya,” ucapnya.

Namun begitu, Erry masih enggan membeber secara gamblang siapa saja nama calon Pj wali kota/bupati yang ia usulkan tersebut. Menurutnya, dari total keseluruhan yang ia usulkan untuk 12 daerah itu berjumlah 36 orang. Artinya untuk setiap daerah diusulkan 3 nama.

Saat ditanya lagi apakah dari 3 nama untuk calon Pj Wali Kota Medan ada nama Sekretaris DPRD Sumut Randiman Tarigan, Erry tak menampiknya. Akan tetapi Erry ogah menyebut dua nama lainnya sebagai pelengkap usulan tersebut.