Sinabung Kembali Erupsi 18 September 2015

Sinabung Kembali Erupsi 18 September 2015
Sipayo.com – Setelah tadi malam Sinabung sempat mengeluarkan lava pijar. Siang ini Jumat (18/09/2015), Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi. Menurut informasi yang diperoleh, erupsi Sinabung terjadi mulai pukul 13.11 WIB dan masih tetap berlangsung hingga saat ini. (Baca:  Gunung Sinabung Mengeluarkan Lava Pijar)

Sebelumnya, anggota tim tanggap darurat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Yudi mengatakan, erupsi yang kerap terjadi dalam beberapa hari terakhir dikarenakan perkembangan aktivitas Gunung Sinabung sedang mengalami peningkatan.

“Aktivitas magma di Gunung Sinabung kini sedang naik, sehingga seriang menimbulkan erupsi. Bahkan bila malam hari kerap terlihat lava pijar,” ujarnya, Kamis (17/9/2015) malam.

Saat ini, status Gunung Sinabung masih berada pada level IV atau awas. Warga dilarang masuk ke zona bahaya yang sudah ditentukan. Dari informasi yang dihimpun, tercatat 9 titik posko penampungan disediakan. Sebanyak 9.313 jiwa mengungsi atau 2.572 KK.