5 Tips Cara Mudah Dapat Kerja

5 Tips Cara Mudah Dapat Kerja
Sipayo.com – Bagaimana cara mundah untuk mendapatkan pekerjaan? Pertanyaan yang sering diucapkan oleh para pencari kerja, terlebih saat ini persaingan untuk mendapatkan kerja semakin tinggi melambatnya pertumbuhan ekonomi.
 
Tentu, bagi seorang pencari kerja mendapatkan panggilan kerja sangat diharapkan. Padahal lamaran sudah dikirim kemana-mana namun tidak juga belum ada panggilan dari pihak perusahaan yang dilamar.
 
Sebenarnya ada beberapa tips yang anda dapat lakukan agar cepat dapat kerja. Tips cara mudah mendapatkan kerja ini sipayo.com kutip dari berbaagai sumber yang terpercaya, berikut tipsnya :
 
1. Beritahukan bahwa anda sedang mencari kerja.
Banyak para pencari kerja malu bila diketahui sebagai pengangguran oleh karena itu biasanya tidak akan memberitahukan bahwa dirinya sedang mencari kerja. Hal ini adalah sebuah kesalahan besar, karena sebenarnya dengan membiarkan orang lain mengetahui anda sedang mencari kerja, maka kemungkinan mendapatkan kerja semakin besar.
 
Dimana dengan membiarkan orang mengetahui anda mencari kerja, bisa saja kawan atau saudara/i anda memberikan informasi lowongan maupuan memperkerjakan anda.
 
2. Mencari lowongan diwaktu yang tepat.
Perusahaan tidak setiap saat membuka lowongan kerja, jadi sebaiknya anda jangan terburu-buru untuk meninggalkan pekerjaan lama anda. Biasanya perusahaan akan membuka lowongan kerja pada akhir tahun.
 
3. Berikan gambar secara jelas tentang potensi dan pekerjaan apa yang anda lakukan sebelumnya (resume).
Bagian ini sangat penting, karena dengan memberikan gambaran jelas tentang potensi diri dan gamabran pekerjaan apa yang sudah anda lakukan sebelumnya akan memembuat perusahaan mempertimbangkan lamaran anda walau belum membuka lowongan kerja.
 
4. Menjadi Relawan
Bila belum mendapatkan pekerjaan, berikan waktu anda untuk ikut dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti menjadi relawan atau lain sebagainya. Hal ini penting untuk tetap membuat anda berkatifiatas dan menambah pengalaman kerja anda.
 
5. Hati-hati dengan sosial media.
Jangan menggunakan akun sosial media anda secara sembarangan, karena saat ini banyak HRD perusahaan melakukan kajian surat lamaran dengan melihat akun sosial media.