Yuniati Buruh Cuci Sekolahkan Anak S3 di Jepang

Yuniati Buruh Cuci Sekolahkan Anak S3 di Jepang
 
Sipayo.com – Yuniati (49), warga Ketandan Kulon, Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta kesehariannya menjalani sebagi buruh cuci dengan penghasilan Rp.250.000,- / bulan .
 
Dari penghasilan yang sangat minim itu, Yuniati berhasil menyekolahkan 2 anaknya Satya Candra Wibawa Sakti (29) dan Oktaviana Ratna Cahyani (27)  hingga tamat sarjana, bahkan salah satu diantaranya kulih S-3 di di Universitas Hokaido, Jepang,sedangkan yang satunya tamat dari Akademi Perawat Bethesda.
 
“Bagi saya, anak adalah segala-galanya. Jangan sampai mereka seperti saya. Karena itu, mereka harus sekolah tinggi bagaimana pun caranya,” ucap Yuniati seperti dikutip sipayo.com pada kompas, Kamis (10/9/2015).
 
Yuniati berkerja sebagai buruh cuci sejak 1995. Dirinya bekerja karena suaminya dikeluarkan dari pekerjaan. Walau dengan gaji yang sangat minim, Yuniati tetap menyekolahkan kedua buah hatinya.
Dengan penghasilan menjadi buruh cuci yang hanya Rp 250.000 per bulan hal yang tidak masuk akan dapat membiayi kedua anak menjadi sarjana. Namun Yuniati yakin, dengan kerja keras, segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya.
 
“Dengan kerja, segala sesuai pasti ada jalan keluarnya” Ujar Yuniati
 
Satya Candra Wibawa Sakti menempuh kuliah S-1 di jurusan Kimia Universitas Neger Yogyakarta (UNY), lalu melanjutkan S-2 di jurusan Kimia UGM pada tahun 2008, dan saat ini menempuh jenjang S-3 di Universitas Hokaido, Jepang.
 
Salah satu prinsip Yuanita dalam menjalani hidup adalah Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umatnya.
 
“Gusti ora bakal maringi cobaan ngluwihi kemampuan umatnya” Ujar Yuniati
 
Saat ini Yuaniti masih memiliki utang sekitar Rp.30 juta. Namun saat ini kedua anaknya sudah dapat membiayi hidupnya sendiri.