Ahok Bertekad 10 Tahun Lagi DKI Jakarta Sejajar dengan Singapura

Ahok Bertekad 10 Tahun Lagi DKI Jakarta Sejajar dengan Singapura
Sipayo.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alis Ahok bertekad, dalam 10 tahun kedepan DKI Jakarta harus bisa menyamakan posisi dengan Singapura untuk mampu mengolah air bersih dari air limbah.

Hal tersebut dinilai oleh Ahok merupakan waktu yang cukup bagi dua badan usaha milik daerah yang akan bergabung, yaitu PAM Jaya dan PAL Jaya. Sebab, DKI menurut Ahok tidak perlu melakukan uji coba dengan berbagai macam teknologi. Cukup mencontoh teknologi terakhir Singapura, maka DKI langsung dapat memperoleh hasil yang serupa.

“Saya tidak tahu anggarannya berapa? Rp 10 triliun cukup? Kalau tidak siap kita masukkan dan menaikkan Rp 30 triliun atau 40 triliun,” kata Ahok di Gran Cempaka, Selasa, 6 Oktober 2015.

Lebih lanjut Ahok mengatakan, bahwa di Singapura pemanfaatan hasil pengolahan air dibagi menjadi tiga. Hal ini dikarenakan belum begitu bersih, maka dimanfaatkan untuk menyiram tanaman dan taman.

“Kalau memang tidak bisa buat air minum ya sudah. Sekarang sebenarnya, PAM Palyja kita bisa buat air minum kok, cuma jaringannya tidak menjamin, makanya kita harus mulai, pipa-pipa, rusun, mulai mengarah ke situ,” tuturnya.

Ahok akan menggratiskan pemasangan pipa air limbah. Adapun pemasangan pipa dijadwalkan akhir 2015. Pasalnya pemasangan pipa akan memakai anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah DKI Jakarta. Ahok ingin hasil pengolahan air limbah bisa optimal.

“Kami yang membiayai tak apa-apa, supaya betul-betul dari hulu, dari Cianjur sampai masuk sini bisa kita olah, termasuk pabrik-pabrik tidak bisa buang sembarangan,” tutupnya.