Banjir Besar Landa Kota Medan

Banjir Besar Landa Kota Medan
Sipayo.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Medan sejak Minggu (18/10/2015) sore hingga Senin (19/10/2015) pagi membuat Sungai Babura meluap hingga siang ini. Akibatnya banjir melanda seluruh kawasan rendah di sekitar sungai tersebut hingga hilir Sungai Deli.

Beberapa lokasi yang terpantau tergenang banjir, antara lain seperti di Kelurahan Beringin (Medan Selayang), Simalingkar, Jln. Djamin Ginting Gang Dipanegara, hingga Kampus USU di seputaran Jln. Dr Mansyur Medan juga tak luput dari genangan air.

Khusus di Kawasan Jln. Dr Mansyur, luapan air di depan Rumah Sakit USU mengakibatkan kemacetan panjang terjadi di sana hingga siang ini.

Kondisi terparah terlihat di Jalan Saudara, Gang Mandor. Air bahkan menenggelamkan sebagian besar dari puluhan rumah yang ada di sana.

Warga menyatakan air mulai masuk ke rumah warga, Minggu (18/10/2015) malam sekitar pukul 23.00, saat hujan lebat melanda Kota Medan sekitarnya. Air terus meninggi hingga menjelang siang.

“Semula kami kira banjir biasa, biasanya cuma sedengkul, ternyata rumah sampai tenggelam,” Ari Purnama (37), seorang warga Gang Mandor.

Saat ini, sebagian warga Gang Mandor masih tetap bertahan di rumah mereka. Akibatnya petugas SAR, BNPB Kota Medan dan kepolisian turun ke lokasi untuk menjemput warga. Mereka menggunakan perahu karet milik Kantor SAR Medan. BNPB juga mengerahkan perahu karet dan perahu fiber untuk membantu.