Begini Cara Mencegah Pembekuan Darah

Begini Cara Mencegah Pembekuan Darah
Sipayo.com – Trombosis atau pembekuan darah dapat berakibat fatal, karena dapat mengakibatkan tersumbatnya aliran darah pada jantung dan paru-paru, tentu bila hal ini terjadi maka  dapat menyebabkan kematian.
 
Menurut dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Hematologi Onkologi Medik, Cosphiadi Irawan, 70 persen trombosis tidak memunculkan geja; sehingga disebut sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam. Oleh karena itu perlu dicegah.
 
Cosphiadi Irawan memaparkan beberapa cara untuk mencegah trombosis. Paling penting adalah seseorang harus bergerak bila sudah terlalu lama duduk atau berbaring. Karena terjadinya trombosis sering diakibatkan kurang beregerak.
 
Berada dalam posisi tubuh yang sama selama berjam-jam seperti duduk, berbaring menyebabkan perlambatan aliran darah atau stasis.
 
Misalnya pada saat melakukan perjalanan panjang, maka yang hal yang dilakukan adalah menggerakan gerakan relaksasi pada tungkai bawah. Meluruskan kaki, melakukan pergerakan ringan, hingga berjalan-jalan juga akan sangat membantu.
 
Cara lain adalah dengan menjaga berat badan ideal, karena salah satu faktor risiko terjadinya trombosis adalah obesitas atau kelebihan berat badan.
 
Selain aliran darah yang statsi, pemicu trombosis juga dapat diakibatkan kekentalan darah dan adanya kerusakan atau kelainan pembuluh darah.
 
Melakukan aktivitas fisik adalah cara utama untuk mencegah trombosis, bahkan  menurut penelitian aktivitas fisik bisa menurunkan risiko trombosis.
 
Kurang bergerak, merokok, usia diatas 45 tahun dan ibu hami sangat berisiko terkena trombosis.